Connect with us

Daerah

Bupati Simalungun Launching Uji Berkala Kendaraan Bermotor Akreditasi B

Published

on

Simalungun, geosiar.com – Bupati simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga launching unit pelaksana uji berkala kendaraan bermotor (UPUBKB) akreditasi B, di jln Horailam, pamatang raya kabupaten simalungun, senin (6/12/21).

Bupati menyampaikan, sejak tiga tahun terakhir kenderaan bermotor dari kabupaten simalungun melakukan uji KIR di daerah lain, untuk dengan dilaksanakannya launching UPUBKB diharapkan kenderaan di simalungun sudah dapat melaksanakan uji KIR di daerah di simalungun.

“Diharapkan juga dengan launching UPUBKB ini dapat menjadi magnit pundi-pundi pendapatan asli daerah (PAD) bagi kabupaten simalungun, karena ada sekitar 12 ribu Kenderaan di Simalungun,”kata Bupati.

Untuk lebih memudahkan dalam pelaksanaan pelayanan uji KIR di simalungun, bupati mengatakan bahwa, dilihat dari jumlah kenderaan di simalungun minimal ada tiga titik lokasi UPUBKB, kedepan pemlab simalunhun direncanakan membuka dua unit UPUBKB di dua lokasi yakni di kecamatan siantar dan bandar (perdagangan).

Sementara itu, ketua DPRD simalungun Timbul Jaya Sibarani menyampaikan bahwa UPUBKB sangat vital bagi angkutan, karena angkutan umum yang selalu menjadi jantung perekonomian di daerah.

“Dengan launching ini diharapkan Dinas Perhubungan melakukan pelayanan yang maksimal karena ada feedback PAD dari sini” ujar Timbul.

Timbul juga mengapresiasi pemkab simalungun dalam hal ini bupati dan dinas perhubungan, karena selama ini, 3 tahun pengusaha angkutan di simalungun sudah kesulitan dalam melakukan uji kir

Sebelumnya Plt kadis perhubungan sabar parulian saragih melaporkan, bahwa uji berkala kendaraan bermotor di simalungun sudah berhenti sejak tahun 2019.

“Tidak diaktifkannya KIR di Simalungun dalam beberapa tahun terakhir karena tidak dapat ijin operasi dari pihak Kementerian Perhubungan RI,” jelas sabar

Sabar menerangkan, bahwa UPUBKB simalungun, sudah menerima SK akreditasi dari Kementerian perhubungan, dan tanggal 29 November 2021 sudah menerima sertifikasi B

Selanjutnya, Sabar menambahkan, ada lima mesin yang ada pada gedung uji kir simalungun antara lain, alat uji emisi untuk mengukur ketebalan asap kendaraan solar dan bensin, kemudian alat test pengereman (brake tester), daya pancar lampu dan alat pengukur berat kendaraan.(sabaruddin purba)