Connect with us

Ekonomi

Revitalisasi Pasar di Belawan Diyakini akan Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Published

on

Medan, Geosiar.com,- PUD Pasar Medan dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Medan sepakat berkolaborasi untuk menjaga kebersihan di pasar tradisional. Ini dalam upaya mendukung program prioritas dari Wali Kota Medan, Bobby Nasution yakni kebersihan.

Hal ini disampaikan Dirut PUD Pasar Medan Suwarno didampingi Ketua LPM Medan Hery Bolon, Kamis (25/11/2021). Turut hadir pada kegiatan ini Dirops Ismail Pardede, Dirkeu/Adm Fernando Napitupulu, dan Dirbang/SDM Imam Abdul Hadi, serta Camat Medan Belawan Syubhan F Harahap.

Kegiatan dimulai dengan direksi meninjau Pasar Kapuas. Dilanjutkan coffee morning dengan pengurus LPM, perwakilan dari BPJS Ketenagakerjaan hingga pihak Kecamatan Medan Belawan dan Kelurahan Belawan II. Selepas itu, meninjau pasar di Jalan Pisang. Dari peninjauan ini didapati bahwa saluran drainase tumpat dan menyebabkan becek. Kondisi atap juga membutuhkan perhatian.

Dengan kondisi sarana dan prasarana pasar di Belawan seperti ini, Dirut PUD Pasar Suwarno mengungkapkan tentunya perlu dilakukan pembenahan serius. Kedepannya PUD Pasar akan mengajukan permohonan kepada Kementerian Perdagangan agar dilakukan revitalisasi di pasar tersebut.

Ia meyakini, jika revitalisasi pasar dilakukan maka akan bisa lebih meningkatkan perekonomian. Sebab diprediksi masyarakat yang berbelanja akan makin bertambah dikarenakan kondisi pasar yang sudah bersih, asri dan nyaman. “Langkah-langkah pembenahan akan dilakukan. Bila revitalisasi berjalan, maka akan memaksimalkan pendapatan bagi PUD Pasar dan juga meningkatkan kesejahteraan bagi pedagang,” kata Dirut kepada wartawan.

Sementara Camat Medan Belawan Syubhan F Harahap menyampaikan terima kasih kepada Dirut PUD Pasar Medan dan jajaran direksi telah meninjau pasar yang ada di Belawan.

Ia berharap kedatangan Dirut ini bisa membawa perubahan di pasar yang memang kondisinya memprihatinkan dari segi sarana dan prasarana. “Mudah-mudahan rencana revitalisasi pasar bisa segera terlaksana,” bilangnya.

Di tempat yang sama, Ketua LPM Medan Hery Bolon menuturkan akan berkolaborasi dengan PUD Pasar sebagai upaya pembenahan pasar. Salah satunya dengan ikut bergotong royong menjaga kebersihan pasar. “Kami siap menurunkan anggota LPM ke lapangan untuk bergotong royong. Kami ingin pasar menjadi lebih bersih, rapi dan bisa menjadi ikon bagi Kota Medan,” pungkasnya. (rel/red)