Connect with us

Nasional

Ketua KPK Firli Bahuri : Media Bisa Guncang Dunia dan Memberi Keadilan

Published

on

Semarang, Geosiar.com,- Ketua KPK Komjen Pol Firli Bahuri hadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas I) Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) di Hotel Metro Park Semarang, Kamis (11/11/2021).

Selain Ketua KPK, juga hadir Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar, Anggota Dewan Pers M Agung Dharmajaya, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Ketua Ketua Umum JMSI Teguh Santosa.

Dalam sambutannya, Ketua KPK Komjen Pol Firli mengatakan bahwa rekan-rekan media bukan cuma sekedar penyebar informasi tetapi jauh daripada itu bisa mengguncang dunia karena tulisannya. “Rekan-rekan media bisa mengguncang dunia karena tulisannya,” ungkapnya.

Selain dapat mengguncang dunia, media juga mampu mewujudkan dan memberikan keadilan dari goresan tinta seorang wartawan atau jurnalis.

“Bahkan, media mampu memberikan bekal untuk anak bangsa sebagaimana alinea ke-4 pembukaan UUD 1945 yakni mencerdaskan kehidupan bangsa,” terangnya.

Di depan podium, Firli Bahuri memberikan beberapa pertanyaan strategis yang harus dipikirkan semua anggota JMSI yang hadir pada saat itu.

“Saat ini, dimana posisi JMSI sekarang, apakah JMSI cukup kuat menghadapi perubahan ke depan, cukup kuat untuk menjawab kebutuhan masyarakat atas informasi,” tanya Firli Bahuri.

Jika pertanyaan pertama sudah terjawab, lalu akan kemana para anggota ini beranjak. Ia menegaskan akan kemana JMSI di bawah pimpinan Ketua Umum Teguh Santoso dan 34 pengurus di daerah.

“Lalu, apa tujuan sesungguhnya JMSI berdiri. Kalau kita tidak bisa bekerja dan memiliki tujuan, kita tidak bisa mengatur kemudian kalau tidak punya arah tujuan,” ujar Firli Bahuri.

Seorang pelaut kata Firli, tidak mampu mengatur dan mengubah arah mata angin. Tapi yakinlah bahwa seorang nakhoda pandai dan mampu mengatur arah kemudi.

“Kira-kira hambatan dan tantangan apa yang akan dihadapi kawan-kawan ke depan, jadilah seorang nakhoda yang pandai dan mampu mengatur arah angin,” tegasnya. (rel/red)