Connect with us

Daerah

Sinkronkan Program Kerja, TP-PKK Sergai Gelar Rakerda

Published

on

Geosiar.com,Sergai - Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, hadir dalam kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Sergai, di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Kamis (28/10/2021).

        Dalam sambutan Bupati Sergai yang dibacakan oleh Sekdakab menyampaikan jika kondisi keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat mempunyai arti yang besar dalam proses pembangunan, karena hal tersebut dapat menjadi barometer bagi kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Dia meyakini, untuk membina keluarga secara langsung dan menjangkau sasaran sebanyak mungkin, maka peran gerakan PKK yang dikelola dan dilaksanakan TP-PKK di setiap jenjang sangatlah penting.

        “ Oleh karena itu, sebagai pembina TP-PKK, saya mengajak seluruh perangkat daerah dan komponen masyarakat untuk bersama-sama berperan aktif, membantu gerakan kesejahteraan keluarga melalui program-program yang bersentuhan langsung dengan mensejahterakan masyarakat. Jika keluarga-keluarga di Sergai “Mandiri, Sejahtera, dan Religius”, maka Sergai tentu juga akan menjadi kabupaten yang “mandiri, sejahtera dan religius”,” kata Bupati.

        Bupati menyebut, dengan begitu bisa terlihat pentingnya peranan PKK dalam mewujudkan visi kabupaten Sergai.

        “ Dengan peran strategis yang dimiliki, saya berharap PKK dapat memberikan kontribusi yang nyata terhadap pembangunan di Kabupaten Sergai. Melalui kader yang tersebar sampai ke tingkat desa, PKK akan dapat menjadi corong pemerintah dalam menyampaikan program-program yang dilaksanakan,” sebutnya dihadapan Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Rosmaida Saragih Darma Wijaya, Ketua GOPTKI Ny Aini Zetara Adlin Tambunan, Ketua DWP Ny Uke Retno Faisal Hasrimy serta peserta rakerda.

        Terakhir Bupati berpesan, untuk mewujudkan seluruh tujuan PKK yang sangat mulia tersebut, maka diperlukan upaya penyelarasan kebijakan antara pemerintah yang diwakili oleh perangkat daerah dengan Tim Penggerak PKK.

        “ Penyelarasan tersebut akan dibahas dan disimpulkan dalam forum Rakerda yang berbahagia ini. Harapan saya, sesuai kondisi yang ada pada saat ini Tim Penggerak PKK dapat merumuskan kegiatan-kegiatan yang berdampak langsung kepada kesejahteraan keluarga,” tandasnya.

        Ketua TP-PKK Kabupaten Sergai Ny. Rosmaida Darma Wijaya dalam sambutannya menyampaikan, sebagai mitra Pemkab Sergai, maka TP-PKK Kabupaten Sergai perlu melakukan penyelarasan kebijakan, agar dapat berperan aktif dalam menyukseskan program-program pemerintah.

        “ Upaya penyelarasan tersebut diimplementasikan dalam penyelenggaraan Rakerda pada hari ini. Rakerda merupakan wadah bagi segenap kader PKK untuk melakukan evaluasi dan perencanaan terkait keberhasilan dan harapan dari pelaksanaan 10 program PKK,” ucapnya.

        Melalui rapat kerja ini, lanjutnya, diharapkan akan dapat menghasilkan persamaan persepsi dan komitmen yang kuat terkait dengan kebijakan program dan kegiatan TP-PKK, sehingga nantinya TP-PKK siap menyukseskan visi Pemkab Sergai.

        “ Pada Rakerda ini juga akan dibahas sinergitas antara TP-PKK dengan para perangkat daerah yang menjadi mitra, sehingga akan terwujud keselarasan dalam pelaksanaan program yang telah disepakati,” kata Rosmaida lagi.

        Sebagai penutup, dirinya menyampaikan dalam pelaksanaan program kerja TP-PKK, semua pokja baik di kabupaten maupun kecamatan harus memiliki target capaian yang jelas dan rasional serta kedepannya keberadaan TP-PKK dapat dapat semakin dirasakan oleh masyarakat.

        “ Dalam pelaksanaan program kerja TP-PKK, kami berharap di semua Pokja baik di kabupaten maupun kecamatan harus memiliki target capaian yang jelas dan rasional. Serta kedepannya keberadaan TP-PKK dapat semakin dirasakan oleh masyarakat,” pungkasnya.

        Sementara itu dalam laporannnya, Ketua Panitia Rakerda TP-PKK Kabupaten Sergai Ny. Uke Faisal Hasrimy menjabarkan jika kegiatan ini bertujuan untuk merumuskan kebijakan dan program kerja gerakan PKK dalam   mendukung   program  Pemkab Sergai demi terwujudnya   gerakan   PKK yang   berkualitas dan professional, penguatan kelembagaan gerakan PKK, peningkatan kualitas pelaksanaan 10 program pokok PKK untuk mencapai keluarga sejahtera.

        “ Kegiatan dilaksanakan selama 1 hari dan diikuti oleh 120 orang peserta yang terdiri dari seluruh TP-PKK kabupaten, Ketua TP-PKK kecamatan beserta pengurus, Kasi.(art)