Connect with us

Daerah

Jalan Propinsi Di Sergai Rusak Parah, Ketua DPC LSM LPPAS-RI Minta Gubernur Perhatikan

Published

on

Geosiar.com,Sergai – Memang cukup miris,akses jalan yang berada di Dusun I dan Dusun II, Desa Pematang Cermai, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, kondisinya semakin lama semakin parah. Hampir di setiap badan jalan dipenuhi lobang.

Kerusakan jalan di dusun tersebut sudah lama menjadi keluhan warga masyarakat Desa Pematang Cermai, dan juga warga yang melintas. Banyak sopir yang kesal saat melewati jalan di Dusun I dan Dusun II di Desa Pematang Cermai.

“Kami sangat prihatin sekali dengan kondisi jalan di Desa Pematang Cermai saat ini. Bukannya semakin baik malah semakin parah. Sementara kita tau bahwa jalan ini merupakan akses utama warga sehari hari beraktivitas mengangkut hasil pertanian yang mayoritas masyarakat disini petani,”ujar Reza warga setempat kepada awak media ini, Selasa (19/10/2021).

Selanjutnya Reza (24) menjelaskan,”sering kalinya mobil – mobil yang melintas di jalan ini mengalami kendala, dan tak sediki pula mengalami kecelakaan akibat jalan parah ini. Sedangkan tanda-tanda adanya perbaikan jalan ini belum terlihat sama sekali, sementara dari pemerintah sendiri juga belum bisa membuat solusi cepat untuk menangani kondisi jalan yang parah ini,”ujar Reza lagi.

“Hari ini, gara -gara jalan berlobang truk pengangkut padi terjebak di jalan rusak. Entah nunggu apa lagi ya, mungkin nunggu korban tertimpa truk baru ada solusi perbaikan,”punkas Reza kesal.

Selanjutnya berdasarkan pantauan media ini, benar hampir sepanjang jalan di temui lobang -lobang yang besar dan dalam. Kondisi jalan juga tampak amburadul berlumpur dan berair. Terlebih lagi kalau hujan datang, jalan rusak tersebut seperti menciptakan kubangan air yang menghiasi hampir di semua badan jalan.

Menurut keterangan Kades Pematang Cermai Misdi, Rabu (13/10/2021) membenarkan,”kondisi jalan sekarang itu memang yang cukup parah. Lebih kurang berkisar 2 Kilometer dari Dusun I sampai Dusun II, sementara untuk jalan itu sendiri sudah menjadi kewenangan provinsi dua tahun belakangan ini.

Jadi pihak Desa dan Kabupaten tidak bisa berbuat banyak, tapi kita tetap usulkan, bermohon dan berbuat setiap Musrembang, Bupati juga tau mengenai kondisi jalan itu,juga DPRD Provinsi. Mudah -mudahan menurut informasi dalam tahun ini akan diperbaiki, kalau tidak ada halangan lagi.Sama-sama la kita berdoa semoga tahun ini bisa terealisasi,”terang Kades.

Sementara Ketua DPC LSM LPPAS-RI Arifin Tambunan sangat menyayangkan kinerja Pemerintah Propinsi Sumatra Utara yang lamban dalam penanganan jalan yang melintas dari Kabupaten Sergai,seperti halnya jalan Dusun I Pematang Cermai Kecamatan Tanjung Beringin merupakan jalan akses yang menghubungkan ke Kabupaten Batubara sudah cukup parah dan bahkan sudah sulit dilalui bagi para pengguna jalan,apakah Pemerintah Propinsi menunggu adanya korban dan bahkan sengaja membiarkan jalan tersebut hancur demi untuk melakukan indikasi korupsi.

Untuk itu Ketua LSM LPPAS – RI meminta kepada Gubernur Sumatra Utara melalui Dinas PUPR Propinsi Sumatra Utara agar memperdayakan anggara baik APBD Propinsi maupun APBN ,agar nantinya kami selaku pengamat anggaran dan kegiatan tidak menduga adanya indikasi penyelewengan anggaran (korupsi) yang dilakukan Dinas PUPR Propinsi Sumatra Utara.

Dan kami LSM LPPAS-RI Kabupaten Sergai mengharapkan kepada Pemerintah Propinsi agar segera merelasasikan perbaikan jalan atau pembangunan jalan yang ada di Kabupaten Sergai khususnya jalan di Dusun I Desa Pematang Cermai.(art)