Connect with us

Kesehatan

Dinkes dan KADIN Medan Sambut Baik Percepatan Eliminasi TBC

Published

on

Medan, Geosiar.com,- Plt Kepala Dinas Kesehatan Medan dr Mardohar Tambunan menyambut baik pertemuan Forum Multi Sektor Percepatan Eliminasi Tuberkulosis Kota Medan dilakukan dengan melibatkan unsur pentahelix yaitu bidang pemerintah, korporasi/swasta, masyarakat/komunitas, akademisi, profesi, dan media. Kamis (16/09).

‘Kasus tuberkulosis (TB) di Kota Medan cukup tinggi dengan perkiraan di tahun 2021 sebanyak 18.963 kasus, namun baru terlapor 13,3% kasus perhari ini”

“Ini yang perlu kita antisipasi, karena tuberkulosis ini terkait dengan paru sehingga ini harus terus kita pantau. Penyebabnya juga bakteri,” Ujar Mardohar

Sementara itu Ketua KADIN Medan Arman Chandra diwakili oleh Wakil Ketua KADIN Medan bidang Sosial, Pendidikan dan Kesehatan Inggit Luimenta dan Komite Tetap KADIN Medan bidang Kesehatan Hendrik.

“Percepatan eliminasi tuberkulosis memang di perlukan. Mengingat penyakit ini menjadi salah satu penyakit mematikan yang rawan menyerang masyarakat, terlebih jika imunitas tubuhnya tidak baik. Olehnya itu saya berharap semua sektor bisa berkoordinasi dengan baik agar penyakit TB ini dapat segera tertangani dengan baik” ujar Hendrik saat diminta keterangan.

Ditempat yang sama, Inggit mengharapkan “Harapannya dengan adanya forum multi sektor ini dapat menjadi wadah koordinasi antar program dan multi sektor untuk menyatukan berbagai sumber daya dalam mendukung target eliminasi TBC”.(rel/red)