Connect with us

Daerah

Ratusan Pajak Lama Perbaungan Habis Dilalap Si Jago Merah

Published

on

Geosiar.com,Sergai – Pajak Lama Perbaungan di Jalan Deli, Kelurahan Simpang Tiga Pekan Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dilalap si jago merah, Kamis (16/9/2021) pagi tadi.

Menurut informasi warga di lokasi, kejadian bermula sekitar pukul 06.25 WIB. Di mana api mulai membesar hingga meludeskan ratusan Los pedagang Pajak Lama Perbaungan, hingga rata dengan tanah.

Sejumlah mobil pemadam kebakaran (Damkar) Pemkab Sergai dengan bantuan Damkar Deli Serdang berjibaku memadamkan si jago merah. Hingga kini belum ketahuan apa penyebab kebakaran tersebut.

“Api mulai membesar. Tadi kami kebingungan memadamkan api dengan alat seadanya. Saya langsung menghubungi Ketua DPRD Sergai meminta pertolongan agar mobil damkar bisa turun ke lokasi,” demikian kata Hanafi (39), warga Perbaungan dalam pesan WhatsApp.

Hingga kini belum diketahui penyebab kebakarannya, setelah damkar sudah turun api mulai dapat dipadamkan. Alhamdulillah. Korban jiwa tidak ada. Karena para pedagang belum datang,” ujarnya yang merupakan abang becak sering mangkal di depan Pajak Lama Perbaungan.

Seorang warga, Yamin, menambahkan, kebakaran sangat cepat hingga meludeskan ratusan los pedagang Pajak Lama Perbaungan. Hingga pukul 08.15 WIB pihak damkar masih terus memadamkan sisa-sisa api kebakaran tersebut.

“Mobil Damkar Sergai ada 3 unit. Kemudian dibantu dari Deli Muda 1 unit. Dan Deli Serdang 2 unit. Turun ke lokasi kebakaran Pajak Lama Perbaungan. Alhamdulillah. Api sudah dapat dipadamkan,” ujarnya.

Ketua DPRD Sergai
Terpisah, Ketua DPRD Sergai dr M Riski Ramadhan Hasibuan saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa dirinya menerima komunikasi via telepon seluler dari salah satu warga Perbaungan. Yakni, terkait terjadinya kebakaran di Pajak Lama Perbaungan.

“Atas info tersebut, langsung saya menghubungi Kasat Pol PP Sergai yang membawahi Bidang Pemadam Kebakaran. Karena baru satu unit pemadam kebakaran yang datang,” ujarnya.

Riski Ramadhan Hasibuan menegaskan, DPRD Sergai berharap pihak pemadam kebakaran di Sergai harus gerak cepat untuk bisa memadamkan api supaya api tidak meluas sehingga menyebabkan terjadinya kerusakan lebih banyak lagi.

“Semoga tidak ada korban jiwa. Dan kita tunggu hasil investigasi pihak terkait yang berwenang untuk mencari tahu penyebab kebakaran tersebut,” tutupnya.

Terpisah,Kepala BPBD Sergai H Henry Suharto melalui pesan WhatsApp sekira pukul 08.00 WIB membenarkan peristiwa kebakaran tersebut. “Ya benar. Damkar sudah dan sedang aksi. Kami sudah call Kasat Pol PP sejak pagi tadi,” bilangnya.

Mengenai penyebab kebakaran, Henry Suharto menegaskan ada info oleh Dinas Satpol PP yang menangani Damkar sesuai PP No. 18 Tahun 2016. “Sesuai PP 18 Tahun 2016 tidak lagi di BPBD. Tapi mereka (Dinas Satpol-PP) sudah aksi itu,” tutupnya.

Sementara Kasat Pol PP Sergai Drs Fajar Simbolon membenarkan bahwa pihaknya sudah turun ke lokasi untuk memadamkan kebakaran di Pajak Lama Perbaungan.

“Iya Damkar kita sudah di lokasi. Penyebabnya belum tahu. Nanti itu Bang (wartawan-red). Kita padamkan dulu apinya,” katanya.(art)