Connect with us

Daerah

Disaksikan Kalapas dan Kapolres, 700 WBP Lapas Tebingtinggi Ikut Vaksin

Published

on

Tebingtinggi, Geosiar.com,- Sebanyak 700 Narapidana / warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Tebingtinggi, disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama di jalan Pusara Pejuang,Jumat (10/09/21).

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tebingtinggi, Herliadi S.Sos didampingi KPLP, Franda Saragih, Dr Sonya Sianipar, Leonard Panjaitan, Ziko Manalu, Rudy Purba mengatakan tujuan vaksinasi ini tentu untuk memberikan perlindungan dan mengantisipasi terhadap penyebaran virus Covid-19 bagi Tahanan dan Narapidana yang berada di dalam Lapas , ini menindaklanjuti arahan percepatan pemberian vaksin oleh Menkumham dan Dirjen Pemasyarakatan.

“Awalnya kami kesulitan untuk mengumpulkan kartu identitas (KTP) Tahanan dan Narapidana karena mereka tidak memiliki/membawa kartu identitas, oleh karna itu kita berkoordinasi kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk memperoleh Nomor Induk Kependudukan (NIK) Tahanan dan Narapidana yang mana syarat utama untuk bisa diberikan Vaksin Covid-19 ” ujar Herliadi.

Herliadi menambahkan, Pelaksanaan pemberian vaksin untuk Tahanan dan Narapidana bekerjasama dengan Polres Tebingtinggi adalah ikhtiar lapas mencegah penyebaran virus corona di Blok Hunian. Sementara vaksin untuk pegawai telah dilaksanakan awal bulan lalu 2021.

Sementara itu, dr Sonya mengatakan Sesuai dengan rencana vaksin Covid-19 untuk dosis pertama ini akan diselesaikan dalam satu hari dan selanjutnya akan dijadwalkan kembali pemberian vaksin dosis kedua,” katanya.

Sebelum pelaksanaan Vaksin, Dokter Pelaksana, memberikan penjelasan kepada warga binaan bahwa pentingnya vaksin bagi tubuh.
“Kami memberikan pemahaman kepada narapidana bahwa vaksin COVID-19 itu aman untuk digunakan dan juga menjawab kekhawatiran warga binaan setelah divaksin,” kata Sonya pula.

Sonya melanjutkan bahwa vaksin COVID-19 bukanlah obat, tetapi merupakan upaya untuk dapat mencegah penularan dan penyebaran COVID-19 dengan membentuk kekebalan tubuh.

“Pemberian vaksin ini bertujuan untuk membentuk kekebalan kelompok, melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh. Tahap pemberian vaksin nanti akan dijelaskan dalam pelaksanaannya”, tutupnya.

Kapolres Tebingtinggi, AKBP Agus Sugiyarso usai memantau vaksin mengaku kegiatan ini berjalan dengan baik.sebut Kapolres.(as)