Connect with us

Daerah

Terima Lencana Pancawarsa IV, Bupati Sergai: Pramuka Harus Jadi Agen Pembangunan

Published

on

Photo bersama. (Ist)

Geosiar.com,Sergai – Berkat perannya dalam mendarmabaktikan diri untuk kemajuan Gerakan Pramuka di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Bupati H. Darma Wijaya yang juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kabupaten Sergai, menerima penghargaan Lencana Pancawarsa IV langsung disematkan oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi yang juga merupakan Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Ka Mabida) Gerakan Pramuka Sumut, bertempat di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Selasa (31/8/2021).

Bupati menyampaikan rasa terima kasih atas penghargaan yang diterimanya sebab ini merupakan bukti keseriusannya dalam mengembangkan kemajuan Gerakan Pramuka di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Pramuka sudah dan harus selalu hadir sebagai agen pembangunan di tengah masyarakat. Pramuka harus mampu menunjukkan jati dirinya dalam kehadirannya dengan kontribusi nyata dan positif, terutama dalam suasana penuh tantangan di tengah pandemi Covid-19 yang masih belum usai,” ucap pria yang akrab disapa Bang Wiwiek ini.

Sehingga untuk itu, Bupati berharap agar setiap anggota pramuka dapat berpartisipasi dalam penanggulangan dan pencegahan pandemi Covid-19. Ini, sebutnya, selaras dengan tujuan yang terkandung dalam Gerakan Pramuka, yaitu salah satunya menciptakan generasi penerus bangsa yang berjiwa Pancasila dan sanggup serta mampu menyelenggarakan pembangunan masyarakat, bangsa dan negara.

“Untuk itu, saat-saat seperti inilah yang bisa dijadikan sebagai momentum oleh para anggota pramuka untuk berperan aktif dan mengambil inisiatif. Diminta kepedulian seluruh anggota pramuka untuk mengambil peran yang nyata sebagai usaha agar Covid-19 ini segera berakhir,” pungkasnya.

Di kesempatan yang sama Gubsu Edy Rahmayadi mengajak seluruh pihak untuk turut serta membesarkan kembali Gerakan Pramuka di daerah masing-masing. Menurutnya, Pramuka merupakan komponen penting dalam kehidupan bernegara di mana setelah TNI dan Polri, Pramuka merupakan cadangan utama kehidupan bernegara.

“Salah satu aspek yang terdegradasi dalam generasi muda saat ini adalah karakter, baik itu karakter diri maupun karakter berbangsa. Hal tersebut menjadi perhatian kami sehingga kami berharap lewat Gerakan Pramuka, karakter generasi bisa lebih tertempa sehingga mampu meneruskan tongkat estafet pembangunan Indonesia. Ini juga yang membuat kami berencana di tahun lalu untuk mengaktifkan kembali kurikulum ekstrakulikuler Pramuka, tetapi karena Covid-19, terpaksa harus ditunda. Semoga kedepan rencana ini bisa terealisasi,” harapnya.

Selain itu, Gubsu Edy Rahmayadi pun memiliki rencana untuk mengambil alih lahan Bumi Perkemahan (Bumper) Sibolangit untuk kegiatan Pramuka.

“Bumper Sibolangit memiliki banyak syarat untuk jadi bumi perkemahan. Di situ nantinya bisa dilakukan kegiatan kepramukaan bahari, sasaka, dirgantara, serta bhayangakari. Proses pengembalian lahan ini masih terus berjalan,” tandasnya.

Di tempat terpisah Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, yang juga merupakan Ketua kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sergai menyaksikan kegiatan serupa secara virtual di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah.

Penghargaan yang diterima oleh Bupati Sergai sesuai dengan yang tertuang dalam Surat Keputusan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol. (Purn) Budi Waseso, di mana penghargaan juga diberikan kepada Ketua TP PKK Provinsi Sumut, Nawal Lubis, Walikota Medan, Bobby Afif Nasution, Bupati Labura, Hendriyanto Sitorus, Rektor USU, Muryanto Amin, Rektor Unimed, Syamsul Gultom, Rektor UMSU Agussani dan Kadispora Provinsi Sumut, Ardan Noor.(art)