Connect with us

Dunia

Taliban Ambil Kendali Penuh Bandara Kabul

Published

on

Geosiar.com,- Para pemimpin Taliban berjalan melintasi landasan pacu di sisi militer utara Bandara Internasional Hamid Karzai Kabul. Ini sebagai isyarat simbolis menyusul penarikan terakhir pasukan Amerika Serikat (AS) dari Afghanistan .

“Dunia seharusnya belajar dari pelajaran mereka, dan ini adalah momen kemenangan yang menyenangkan,” kata juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid dalam siaran langsung yang diposting oleh seorang militan.

“Kami ingin menjalin hubungan baik dengan AS dan dunia. Kami menyambut baik hubungan diplomatik dengan mereka semua,” tambahnya seperti dikutip dari DW, Selasa (31/8/2021).

Beberapa warga Afghanistan dilaporkan masih berada di luar lapangan terbang dengan harapan bisa terbang ke luar negeri untuk melarikan diri dari kekuasaan kelompok Islam itu.

Banyak orang Afghanistan takut bahwa Taliban akan memerintah negara itu seperti yang mereka lakukan dari tahun 1996-2001, menerapkan sistem peradilan yang brutal dan menyangkal hak-hak dasar anak perempuan serta perempuan.

Tiga pesawat angkut militer terakhir AS telah meninggalkan Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul tepat sebelum batas waktu 31 Agustus. Hengkangnya penerbangan terakhir Amerika ini resmi mengakhiri perang di Afghanistan yang sudah hampir 20 tahun.

Komando Pusat (CENTCOM) AS mengonfirmasi bahwa Washington secara resmi telah mengakhiri penarikan Amerika dari Afghanistan.

Komandan CENTCOM Jenderal Kenneth McKenzie mengatakan pesawat angkut C-17 Globemaster terakhir lepas landas dari Kabul pada Senin pukul 15.29 waktu Pantai Timur AS.

“Ini penyelesaian penarikan kami dari Afghanistan,” katanya.(sin/red)