Connect with us

Daerah

Terjadi Longsor di Tanah Karo, 2 Orang Tewas

Published

on

Foto : ilustrasi/dok

Karo, Geosiar.com,- Longsor terjadi di Kecamatan Kabanjahe, Karo, Sumatera Utara (Sumut). 4 rumah hancur, 2 orang meninggal dunia dan 3 lainnya masih dalam pencarian akibat longsor tersebut.
“Basarnas Medan bersama tim SAR gabungan temukan 2 orang meninggal dunia korban tanah longsor di Kabanjahe,” kata Humas Kantor SAR Medan, Sariman, dalam keterangannya, Jumat (27/8/2021).


Sariman menjelaskan, tanah longsor terjadi pada Kamis (26/8), sekitar pukul 21.00 WIB. Peristiwa ini terjadi setelah hujan lebat melanda kawasan tersebut mulai pagi yang mengakibatkan 4 rumah hancur diterjang longsoran tanah.

Tim rescue berjumlah 7 orang kemudian berangkat ke lokasi tanah longsor di Padang Mas, Kecamatan Kabanjahe, sekitar pukul 23.35 WIB. Petugas lalu melakukan operasi pencarian terhadap korban longsor. Petugas pun berhasil menemukan dua orang korban longsor tersebut.

Sariman menyebut data sementara yang dikumpulkan tim di lapangan bahwa ada 9 yang menjadi korban longsor tersebut. 4 korban ditemukan selamat, 2 orang meninggal dunia, dan 3 orang lagi masih dalam pencarian tim.


“Hingga pagi ini operasi pencarian masih terus dilakukan tim dari Basarnas Medan, BPBD Tanah Karo, TNI, Polri, Damkar, Pemerintah setempat dan Potensi SAR lainnya,” sebut Sariman.

Sariman menuturkan pencarian dilakukan secara manual dan melibatkan 1 unit ekskavator untuk memindahkan timbunan longsoran tanah dan puing bangunan.(dtk/red)