Connect with us

Hukum

Ibadah IPENAS dan Warga Binaan Rutan Perempuan Medan

Published

on

Medan, Geosiar.com,- Apa itu IPENAS ? IPENAS merupakan singkatan dari Ikatan PEgawai NASrani Rutan Perempuan Medan. Ibadah IPENAS dengan Warga Binaan ini memang Rutin dilaksanakan setiap 1(satu) bulan sekali dan dilaksanakan hari Jumat (20/08/2021)

IPENAS dibentuk agar seluruh Pegawai Nasrani, mendapatkan manfaat :

  1. Semakin bertumbuh secara Rohani dalam Kristus
  2. Persekutuan ibadah membuat Pegawai lebih kuat menghadapi tantangan hidup
  3. Semakin membuat Pegawai mampu lebih saling mengasihi satu sama lain

Ibadah persekutuan ini merupakan salah satu bentuk dari program Pembinaan Kerohanian Pegawai dan Warga Binaan. Selama menjalani masa pidana di dalam Rutan/Lapas, seluruh warga binaan terus didorong untuk aktif dalam mengikuti setiap program Pembinaan yang ada.

Tidak hanya program Pembinaan Kemandirian yang mengasah mereka untuk memiliki keterampilan, tetapi juga seluruh warga binaan diberikan bimbingan melalui program Pembinaan Kerohanian.

Ini merupakan bagian penting untuk menciptakan pembaruan pada warga binaan supaya menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya melalui Pembinaan Kerohanian yang terus diberikan.

Setiap bulan dihari Jumat, seluruh IPENAS dan warga binaan Rutan Perempuan Medan yang beragama Nasrani melaksanakan ibadah. Ibadah yang dimulai pada pukul 13.00 WIB di Aula. Seluruh warga binaan selalu didorong untuk aktif dalam mengikuti kegiatan ibadah karena ini menjadi salah satu penilaian yang dilakukan oleh Petugas terhadap mereka (WBP) agar bisa diikutkan dalam pengusulan program integrasi.

Dalam memberikan pembinaan bagi warga binaan, semuanya kita imbangi antara pembinaan kemandirian maupun kerohanian. Hal ini menjadi penting, karena kita ingin seluruh warga binaan disini tidak hanya terampil tetapi juga menjadi orang yang taat dalam beribadah. Kita ingin mereka nantinya ketika keluar dari sini dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Setiap program pembinaan yang diikuti oleh warga binaan secara aktif akan menjadi catatan bagi Petugas. Tentunya keaktifan dari warga binaan akan menjadi catatan khusus bagi Petugas.

Makanya pada setiap program pembinaan yang kita berikan, kita terus sampaikan dan dorong mereka untuk bisa aktif dalam setiap kegiatannya. Nantinya itu akan menjadi penilaian bagi kita, apakah warga binaan ini layak atau tidak untuk kita usulkan program integrasi.(av/rel)