Connect with us

Sumut

Pangdam I/BB Ajak Insan Pers Bersinergi Dalam Perlindungan Kemerdekaan Pers

Published

on

Kapendam I/BB Letkol Inf Donald Erickson Silitonga didampingi Kasi Media Pendam I/BB Mayor Inf Masniar foto bersama Ketua PWI Sumut Hermansjah didampingi Sekretaris Edward Thahir, Wakil Ketua Bidang Pendidikan Rizal Rudi Surya dan Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan Wilfrid B Sinaga pada acara silaturahmi dengan Pengurus PWI Sumut, Rabu (18/8) di Restoran Golden Yen Jalan S Parman Medan. (Foto/Ist)

Medan, Geosiar.com,- Pangdam I/BB ajak wartawan Sumut bersinergi untuk meneggakkan perlindungan kemerdekaan Pers.

Hal itu disampaikan Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin, SIP, MM melalui Kapendam I/BB Letkol Inf Donald Erickson Silitonga pada acara silaturahmi dengan Pengurus PWI Sumut, Rabu (18/8/2021) di Restoran Golden Yen Jalan S Parman Medan.

Pada silaturahmi itu Ketua PWI Sumut Hermansjah, SE yang didampingi Sekretaris Edward Thahir, Wakil Ketua Bidang Pendidikan Rizal Rudi Surya, SH dan Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan Wilfrid B Sinaga, SH menyambut baik karena itu merupakan konsekwensi Nota Kesepahaman antara Tentara Nasional Indonesia dengan Dewan Pers Nomor 01/DP/MoU/11/2017 tentang Dewan Pers Kerja Sama Perlindungan Kemerdekaan Pers. 

Dalam MoU itu disepakati bahwa kedua telah pihak bersepakat untuk memberi perlindungan kemerdekaan Pers, pencegahan kekerasan terhadap wartawan pengakuan hukum dan diseminasi penyebarluasan informasi tentang TNI dan peraturan Dewan Pers.

Pada silaturahmi yang berlangsung akrab itu Kapendam yang didampingi Kasi Media Pendam I/BB Mayor Inf Masniar merespon sejumlah rencana kegiatan yang menyangkut turunan MoU itu terutama menyangkut pelatihan jurnalistik, teknik pembuatan hak jawab, sosialisasi UU Pers No 40 Tahun 1999 dan pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan terhadap wartawan yang bertugas di Pendam I/BB.

Kapendam mengapresiasi rencana itu dan akan membuat program itu dalam rencana kerja.

Hermansjah juga menyampaikan apresiasi pada pertemuan itu sebagai sarana komunikasi dua arah untuk membangun tradisi kemitraan dan sinergitas antara Kodam I/BB dengan wartawan yang lebih baik dan solid ke depannya. 
Selain itu juga memberi apresiasi pada Pangdam I/BB yang telah berkonstribusi besar sehingga kasus kekerasan terhadap wartawan di Pematangsiantar terungkap dan pelaku sedang menjalani proses hukum. (rel/red)