Connect with us

Dunia

Taliban Kuasai Afghanistan, Trump Desak Biden Mundur

Published

on

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS). (Foto/dok)

Geosiar.com,- Mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mendesak Joe Biden untuk mundur ketika Taliban sukses menguasai Afghanistan . Taliban berhasil menguasai Kabul semalam, yang merupakan tanda bahwa mereka kembali menguasai Afghanistan.

Di bawah Trump, AS menengahi kesepakatan dengan Taliban di Doha pada tahun 2020 yang akan membuat AS menarik semua pasukannya pada Mei 2021, dengan imbalan berbagai jaminan keamanan dari para militan.

Ketika Biden mengambil alih kekuasaan awal tahun ini, dia mendorong mundur batas waktu penarikan dan tidak menetapkan persyaratan untuk itu.

Dalam sebuah pernyataan, Trump mengatakan kemajuan pesat yang dicapai Taliban, yang berakhir pada didudukinya Kabul, adalah aib bagi pemerintah AS saat ini.

“Sudah waktunya bagi Joe Biden untuk mengundurkan diri dalam aib atas apa yang telah dia biarkan terjadi di Afghanistan,” kata Trump, seperti dilansir Al Arabiya pada Senin (16/8/2021).

Trump sendiri telah berulang kali mengecam Biden atas keputusanya tidak menetapkan persyaratan kepada Taliban, setelah AS menarik diri dari Afghanistan. Trumpmengatakan itu akan menjadi penarikan diri yang jauh berbeda dan jauh lebih sukse sjika dia masih menjadi presiden.

“Apa yang telah dilakukan Joe Biden dengan Afghanistan sangat legendaris. Itu akan menjadi salah satu kekalahan terbesar dalam sejarah Amerika!” katanya.(sin/red)