Connect with us

Daerah

Putus Penyebaran COVID-19, KKN Mahasiswa UNRI Bantu Masyarakat Memulihkan Ekonomi

Published

on

Foto Bersama Tim KKN. (Foto/ist)

Geosiar.com,Siantar (Sergai) – Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN/KUKERTA) Balek Kampung merupakan kegiatan yang digagas oleh Universitas Riau (UNRI) melalui LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat),hal ini dilakukan karena situasi pandemic COVID-19 maka penunjukan wilayah KKN ditentukan oleh mahasiswa yang telah memenuhi syarat pelaksanaan KKN berdasarkan dengan domisili peserta KUKERTA.


Salah satu lokasi KUKERTA Balek Kampung yang telah dipilih mahasiswa adalah di Kelurahan Bah Sorma Kecamatan Siantar Sitalasari Kota Pematang Siantar. Di lokasi tersebut ada satu kelompok KUKERTA Balek Kampung yang terdiri dari 10 orang mahasiswa dari berbagai jurusan di bawah bimbingan Selly Prima Desweni S.E., M.E sebagai Dosen Pembimbing Lapang (DPL).
Demikan disampaikan salah satu Mahasiswa UNRI jurusan Pertanian yang merupakan Wakil Ketua KKN, Gerald Frederick Tambun,Senin (16/08/2021) melalui pesan singkat Wa kepada wartawan geosiar.com.


Lanjut disampaikan Geral Fedrick Tambun,baha fokus utama kegiatan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa Universitas Riau di Kelurahan Bah Sorma adalah membantu masyarakat sekitar dengan mengupayakan pemutusan rantai penyebaran COVID-19 dengan melakuakan kegiatan pembagian masker, handsanitizer serta melakukan penyemprotkan disinfektan ke rumah warga, serta sosialisasi tentang pentingnya vaksin dan protocol kesehatan (PROKES) di masa pandemic ini.

Tim KKN Membagikan Tong Sampah Ke Rumah Ibadah Sekitar Kelurahan. (Foto/ist)


Hal ini dilakukan terang Geral,karena tim KKN melihat masih banyak masyarakat yang tidak mematuhi atau kurang memperhatikan protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19 ini. Oleh karena itu, mahasiswa KKN UNRI mencoba untuk mengingatkan masyarakat terkait pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan di masa pandemi COVID-19 ini.


Maka kami (Peserta KKN) melakukan kegiatan membagikan tempat sampah ke beberapa tempat, ibadah yaitu: Masjid Nurul Huda, Masjid Amalia, Dan Mushola Al-Munawir. Hal ini diharapkan agar dengan pembagian tempat sampah dapat menjaga kebersiahan disekitar tempat ibadah,harap Geral.
Selain itu juga mahasiswa KKN Balek Kampung UNRI juga membantu salah satu masyarakat pelaku usaha yang tekena dampak pandemic agar memulihkan ekonomi dengan membantu memasarkan produk dagangan UMKM secara online dan membuat produk agar tampak menarik dengan mendesign logo UMKM,terang Geral.


Geral berharap melalui Mahasiswa KKN UNRI , hal kecil yang mereka lakukan dapat membantu masyarakat. Untuk selanjutnya diharapkan masyarakat tetap menjaga kebersihan dan mematuhi protokol kesehatan demi kebaikan kita bersama.


Program kerja ini mendapat respon positif dari Lurah Bah Sorma, Suriadi S.Sos “Terima kasih kepada adik-adik KKN atas kegiatannya membantu masyarakat saat dimasa pandemi covid 19, mudah-mudahan bermanfaat untuk masyarakat arga kami, semangat jaga kesehatan, sukses buat adik-adik semua”.


Adapun nama-nama Kukerta Balek Kampung di Kelurahan Bah Sorma , Kecamatan Siantar Sitalasari , Kota Pematang Siantar,yakni Gerald Frederick Tambun (fakultas pertanian) ( Wakil ketua ),Santa Maria R, (fakultas perikanan),Rita Hotmaida (fakultas pertanian),Viony Rein Sinaga (fakultas ekonomi dan bisnis),Shindy Fauziyah (fakultas hukum) (ketua),Novia Manna Clara Ginting (fakultas pertanian),Azhari Habib Butar-Butar (fakultas ekonomi dan bisnis),Arga Situmorang (fakultas hukum), Gita Dwifany Saragih (fakultas ilmu sosial dan politik) dan Ayu P. Sembiring (fakultas perikanan).(art)