Connect with us

Sumut

Semangat Hari Kedua, Sertifikasi Pilot Drone di Lanud Soewondo

Published

on

Medan, Geosiar.com,- Memasuki hari kedua, kegiatan pelatihan dan sertifikasi Pilot Drone yang di selenggarakan Federasi Aero Sport Daerah Sumatera Utara yang bertempat di Lanud Soewondo berjalan dengan lancar, dengan pelaksanaan kegiatan dilakuan secara online, Minggu (1 Agustus 2021).

Dihari kedua, materi yang diberikan oleh panitia cukup beragam seperti Controlled Airspace & ATC Organization, Air Traffic Control, Meteorology dan Maintenance &Safety Procedures. Di kesempatan yang tersebut, Danlanud Soewondo Kolonel Pnb J.H. Ginting, S,Sos., menghimbau kepada seluruh peserta pelatihan dan sertifikasi Pilot Drone untuk benar-benar memperhatikan setiap materi yang diberikan.

“Saya berharap kepada seluruh peserta untuk benar-benar memperhatikan setiap materi yang diberikan, jika ada hal-hal yang kurang dapat dimengerti segera tanyakan ke pemateri agar kesempatan ilmu yang saudara terima menjadi bekal dalam proses aplikasi di lapangan”, terang Danlanud.

Dijelaskan oleh salah satu pemateri, Ibu Veronika bahwa Air Traffic Controller merupakan profesi yang penting dalam dunia penerbangan.

“Air Traffic Controller adalah profesi yang memberikan layanan pengaturan lalu lintas di udara terutama pesawat udara untuk mencegah antar pesawat terlalu dekat satu sama lain, mencegah tabrakan antar pesawat udara dan pesawat udara dengan rintangan yang ada di sekitarnya selama beroperasi”, terang Veronika.

“Air Traffic Controller juga berperan dalam pengaturan kelancaran arus lalu lintas, membantu pilot dalam mengendalikan keadaan darurat, memberikan informasi yang dibutuhkan pilot (seperti informasi cuaca, informasi navigasi penerbangan, dan informasi lalu lintas udara)”, lanjut Veronika.

Berdasarkan data yang terkumpul dari panitia, sebanyak 48 peserta mengikuti kegiatan pelatihan dan sertifikasi Pilot Drone. Selanjutnya, para peserta akan mengikuti pelatihan selama tiga hari dengan mendapatkan materi secara online dan praktek lapangan. Selanjutnya, diakhir kegiatan nanti akan dilaksanakan ujian secara tulis dan praktek. Setiap peserta diwajibkan untuk lulus ujian untuk mendapatkan sertifikasi Pilot Drone.(av/rel)