Connect with us

Lifestyle

4 Alasan Kenapa Karier Enggak Maju-Maju

Published

on

Geosiar.com, Kerja sudah bertahun-tahun lamanya, tapi karier, kok, sepertinya mentok. Gak maju-maju seperti yang ada dalam bayanganmu selama ini.

Nah, jangan buru-buru menyalahkan perusahaan. Tapi harus evaluasi dulu ke diri sendiri. Jangan-jangan, sikapmu terhadap pekerjaan yang kamu geluti, ternyata gak sesuai dengan harapan besarmu.

Dan berikut ini, beberapa alasan kenapa kariermu masih begitu-begitu saja dari dulu. Apa saja?

  1. Memiliki mindset negatif

Cara pandang negatif, akan membuat hidupmu sulit maju, di segi apa pun, termasuk karier. Mindset negatif, memicu sikap pesimis, yang sering menemani hari-harimu selama ini.

Setiap kali perusahaan memberi kesempatan untuk mendongkrak karier, kamu merasa hal itu bukan buatmu. Gak memiliki skill, yang sering dijadikan alasan.

Padahal, gimana karier bisa maju, kalau kemampuan gak berkembang. Dan cara mengembangkannya, adalah dengan menerima tantangan yang diberikan perusahaan maupun atasan. Dengan begitu, akan memaksamu untuk belajar. Bukan malah langsung menyerah begitu saja.

  1. Pekerjaan dipandang sebagai kewajiban

Hal yang menghambat kemajuan kariermu selama ini, karena kamu memandang pekerjaan sekadar kewajiban, supaya bisa dapat gaji, sehingga bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pola pikir keliru ini, membuat kamu jadi gak semangat dalam bekerja, dan memberikan performa kerja seadanya. Asalkan selesai, pikirmu begitu.

Pekerjaan yang dipandang rutinitas semata, gak akan memberi hasil yang maksimal. Lalu, gimana perusahaan mau memberi kepercayaan lebih dengan menaikkan jabatan, kalau hasil kerjamu seadanya seperti itu.

  1. Sok tahu

Proses belajar itu gak berhenti ketika kamu sudah selesai sekolah atau kuliah. Tapi terus berlanjut selama hayat dikandung badan.

Oleh sebab itu, meski kamu sudah punya skill saat ini, jangan puas diri dan sok tahu. Merasa kalau kamu paling benar. Alhasil, cara pandang sempit seperti itu membuat kamu jadi gak mau belajar, dan skill-mu pun dari dulu gak berkembang.

  1. Gak mau evaluasi

Ingin karier maju, tapi gak ada perubahan yang dilakukan sama sekali. Gak mungkin, cara yang sama akan memberi hasil yang berbeda. Di sinilah pentingnya evaluasi, supaya kamu bisa mengetahui, apa yang mesti diperbaiki, agar karier yang melejit bukan lagi sekadar harapan. Tapi, berwujud kenyataan.

Nah, itu dia beberapa hal yang menjadi sebab kariermu selama ini belum juga berkembang. Benahi segera apa-apa yang perlu kamu perbaiki. Apa gak capek, bertahun-tahun kerja, tapi hasilnya segitu-segitu juga?. (sc/red)