Connect with us

Daerah

Sertifikasi Guru SD Yang Tertunda Sebulan Akhirnya Dikucurkan

Published

on

Kantor Dinas Pendidikan Sergai. (Foto/ist)

Geosiar.com,Sergai – Uang Sertifikasi Guru SD yang tertunda Bulan Desember 2020 akhirnya dikucurkan pembayaranya oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) di mulai sejak hari Senin kemarin.

Hal ini dijelaskan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai melalui Kabid Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (TPK) Pujiono,Rabu (28/7/2021) diruang kerjanya.

Penyampaian ini menjawab seputar informasi dari guru-guru kepada wartawan, bahwa uang sertifikasi guru SD untuk bulan Desember 2020 hingga saat ini belum dibayarkan kepada mereka.

“Padahal ini sudah bulan Juli 2021, sementara untuk bulan-bulan sebelumnya dan juga triwulan pertama tahun 2021, uang sertifikasi sudah dibayarkan. Apalagi ada salah seorang Korwil menyampaikan kepada beberapa guru untuk tidak menanyakan lagi uang sertifikasi bulan Desember 2020. Ini menjadi kecurigaan kami,” tutur salah seorang guru.

Terkait hal tersebut, Pujiono lebih rinci menjelaskan bahwa uang sertifikasi guru itu dibayarkan per triwulan dalam setiap tahunnya. Namun karena di tahun 2020 adanya pengurangan anggaran (Recofusing) untuk penanganan COVID-19, sehingga anggaranya berkurang sekitar 5 Millyar atau anggaran belum di kucurkan dari pusat.

“Akibatnya, uang sertifikasi bulan Desember 2020 (masuk triwulan ke 4 tahun 2020), terpaksa kami tunda pembayaranya, dan saat ini mulai kami kucurkan pembayaranya setelah adanya Silpa dari anggaran triwulan pertama di tahun 2021,” jelas Pujiono.

Ditambahkan Pujiono bahwa berdasarkan data carry over ptg Desember 2020, jumlah uang yang dikucurkan untuk sertifikasi guru SD se Kabupaten Serdang Bedagai, sebesar Rp 6.266.952.100, untuk jumlah guru sebanyak 1.533 orang.

“Dan sudah kami kucurkan pembayaranya sejak Senin 26 Juli 2021 ke rekening masing-masing guru melalui BNI,” imbuhnya mengakhiri.(art)