Connect with us

Nasional

Covid 19 Meningkat, PP ISKA Keluarkan Surat Himbauan Keseluruh Indonesia

Published

on


V. Hargo Mandirahardjo, Ketua Presidium Pusat (PP) Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) (Foto: Ist)


Jakarta, Geosiar.com, – Presidium Pusat Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (PP ISKA) mengeluarkan surat himbauan kepada pengurus DPC/DPD/PP ISKA di seluruh Indonesia menyikapi pandemi Virus Corona yang belum juga berakhir bahkan terus meningkat beberapa waktu terakhir. Surat himbauan tersebut ditandatangani oleh Ketua Presidium Pusat ISKA V. Hargo Mandirahardjo bersama Sekretaris Jenderal Joanes Joko di Jakarta, pada Senin (26/7).

Seperti diketahui bahwa beberapa waktu terakhir ini terjadi peningkatan penderita Covid-19 di seluruh Indonesia. Dan dalam beberapa hari ini menyentuh jumlah yang tinggi yaitu di atas 30 ribu pendeta per hari. Munculnya varian Delta sebagai virus baru telah mempercepat meluasnya penyebaran pandemi tersebut. Berbagai rumah sakit dan layanan kesehatan mengalami tekanan yang luar biasa.

Presiden Joko Widodo juga telah menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk wilayah Jawa-Bali dan menyusul beberapa wilayah di luar Jawa-Bali.

Menyikapi kondisi tersebut, Presidium ISKA menyampaikan beberapa hal sebagai berikut:

Pertama, pandemi ini hanya bisa dilewati bila kita menjalani protokol kesehatan 5M dengan disiplin (Menggunaan Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan, dan Mengurangi Mobilitas). Untuk itu PP ISKA menghimbau seruruh anggota dan pengurus untuk tetap menjaga kesehatan dan aktif terus menegakkan Prokes 5M ini di lingkungan sekitar dan bila mungkin di tingkat pengaruh masing-masing. Kita tidak tahu kapan dan bagaimana virus ini datang dalam diri kita. Virus ini tidak mengenal kompromi, siapapun punya potensi terpapar.

Kedua, vaksinasi adalah salah satu upaya yang bisa membantu masyarakat agar tercapai kekebalan komunintas (Herd Immunity). Untuk itu, PP ISKA menghimbau agar seluruh anggota dan pengurus DPC/DPD/PP ISKA membantu dan mengkomunikasikan langkah-langkah pemerintah untuk mempercepat vaksinasi di wilayah masing-masing.

Ketiga, dalam situasi sulit ini, kita harus tetap berikhtiar sekuat tenaga, tidak boleh menyerah dan kehilangan harapan. Mari kita pererat kebersamaan dalam berbela rasa dan bersolidaritas dengan sekitar kita. Dorong dan perkuat gerakan gotong-royong sebagai wujud cinta kasih dan bela negara kepada sesama dan bangsa.

Semoga Tuhan menyertai kita dengan rahmat kesehatan dan damai sejahtera. (rel/*)