Connect with us

Nasional

Kabareskrim : Polisi Kawal Penyerapan Anggaran Covid-19

Published

on

Kabareskrim Komjen Agus Andrianto.(Foto/dok)

Jakarta, Geosiar.com, – Kepala Badan Reserse Kriminal Polri (Kabareskrim) Komisaris Jenderal Agus Andrianto menginstruksikan seluruh jajaran untuk mengawal dan mengamankan penyerapan belanja modal di provinsi, kabupaten, dan kota dalam penanganan pandemi Covid-19.

Sebab, menurut Agus, masih banyak provinsi yang ragu untuk menyerap anggaran dan belanja modal.

“Apabila ada kesalahan sedikit agar disikapi dengan bijaksana, yang terpenting ekonomi negara berputar, anggaran dapat diserap seluruhnya dengan baik,” ujar Agus dalam keterangan tertulis pada Rabu, 21 Juli 2021.

Agus mengatakan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah memerintahkannya mendampingi kepala daerah agar tidak ragu menyerap anggaran.


“Bapak Kapolri membuka ruang selebar-lebarnya kepada pejabat daerah di wilayah mengajukan komplain,” kata Agus.

Kementerian Keuangan sebelumnya menyebut belum semua daerah melakukan penyesuaian dan refocusing anggaran penanganan Covid-19. Keterlambatan penyesuaian ini sebelumnya ditengarai berpengaruh terhadap penanganan Covid-19, misalnya keterlambatan pencairan insentif tenaga kesehatan.

“Tiap bulan kami buat teguran, sebelum disanksi,” kata Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan, Kemenkeu, Astera Primanto Bhakti, saat dihubungi di Jakarta, Ahad, 18 Juli 2021.(tmp/red)