Connect with us

Lifestyle

Manfaat Mendengarkan Musik Saat Bekerja

Published

on

Geosiar.com,- Ketika ide tak kunjung muncul dan pekerjaan menumpuk belum juga terselesaikan, terkadang mood tiba-tiba bisa turun mendadak. Rasa bosan juga kerap menggangu pikiran saat sedang sibuk bekerja. Mengambil earphone dan menyetel musik favorit dapat menjadi alternatif penawar dari kebosanan.

Selain menghilangkan bosan, sebagian orang juga merasa lebih produktif dan bersemangat ketika mendengar musik saat tengah bekerja. Dan berikut beberapa manfaat lain mendengarkan musik saat bekerja:

  1. Memperbaiki mood

Rasa bosan di tengah sibuknya pekerjaan tentu sangat sulit untuk dihindari. Kebosanan yang dirasa perlahan dapat menurunkan mood bekerja seseorang. Terjadinya perubahan mood di mana suasana hati menjadi buruk, dapat coba diredakan dengan mendengarkan musik favorit.

Ditinjau dari sisi ilmiah, mendengarkan musik favorit dapat meningkatkan pelepasan hormon dopamin dalam otak. Dopamin adalah hormon yang berperan dalam perasaan senang dan bahagia. Perasaan senang yang ditimbulkan saat mendengarkan musik sama dengan perasaan senang saat sedang mengobrol dengan teman akrab atau mendapatkan kejutan hadiah. Dengan meningkatnya dopamin, mood seseorang juga akan menjadi lebih baik.

  1. Mengurangi stres

Pekerjaan yang tak kunjung selesai dan suasana yang kurang menyenangkan, terkadang membuat pikiran menjadi lebih cepat stres. Jika hal ini terjadi cobalah untuk mendengarkan musik dari playlist favorit kamu akan membantumu menjadi lebih rileks dan otomatis akan mengurangi stres.

Saat pikiran sedang stres, pekerjaan akan menjadi kurang maksimal, cobalah untuk rehat sejenak dan cari sesuatu yang juga dapat mengembalikan semangat bekerja.

  1. Meningkatkan produktivitas

Selain memperbaiki semangat dalam bekerja, beberapa orang juga percaya bahwa mendengarkan musik favorit juga dapat meningkatkan produktivitas saat bekerja. Beberapa penelitian mengatakan bahwa sebetulnya, peningkatan produktivitas terjadi bukan karena mendengarkan musik secara langsung, tetapi karena peningkatan mood yang terjadi saat sedang mendengarkan musik tersebut. Irama musik yang sesuai dengan perasaan akan membantu kita menjadi lebih bersemangat.

  1. Lebih fokus dalam bekerja

Saat tengah bekerja, terkadang terdapat suara bising yang dapat menggangu fokus pikiran. Dengan mendengarkan musik saat bekerja dapat disebut sebagai cara alternatif untuk tidak terganggu oleh suara ramai dan dapat melakukan pekerjaan dengan lebih fokus serta efisien.

  1. Sumber inspirasi

Mendengarkan musik saat bekerja juga dapat menjadi sumber inspirasi. Bisa jadi, muncul ide-ide cemerlang baru yang pastinya akan berpengaruh terhadap progres pekerjaan. Dengan naiknya mood saat bekerja, maka ide-ide akan bermunculan dengan sendirinya.

Demikian adalah beberapa manfaat mendengarkan musik saat tengah bekerja. Jadi, apabila ingin meningkatkan kinerja, dengarkanlah jenis musik yang memang disukai. Dengan demikian, tentu manfaatnya akan lebih cepat dirasakan.(sc/red)