Connect with us

Dunia

Paus Fransiskus Untuk Pertama Kalinya Tampil di Publik Usai Operasi

Published

on

Paus Fransiskus. (Foto/dok)

Geosiar.com, – Paus Fransiskus akhirnya kembali tampil di publik usai menjalani masa pemulihan pasca-operasi usus besar. Dikutip dari kantor berita Reuters, pria 84 tahun tersebut hadir dalam ibadah Misa yang dilangsungkan di tempat ia dirawat, Rumah Sakit Gamelli, Ahad, 11 Juli 2021.

Paus Fransiskus berdiri di balkon ruang perawatannya ketika ibadah berjalan. Ia ikut membacakan doa dan khotbah singkat berdurasi 10 menit yang teksnya sudah disiapkan. Ia tidak berimprovisasi sedikitpun, 100 persen patuh terhadap naskah yang ada.

Menurut laporan Reuters, Paus Fransiskus terlihat dalam kondisi baik ketika ibadah berlangsung. Walau begitu, ia beberapa kali terlihat kesulitan bernafas panjang. Sebagai catatan, salah satu paru-paru Paus Fransiskus telah diangkat ketika ia masih bertugas di Argentina.

Di Rumah Sakit Gamelli, para jemaat sesekali meneriakkan “Viva il Papa!” kepada Paus Fransiskus. Dalam Bahasa Indonesia, kalimat itu berarti “Panjang umur Paus!”. Dokter, pasien, dan petugas medis tidak ketinggalan mengikuti ibadah itu. Maklum, itu pertama kalinya Paus Fransiskus ikut dalam ibadah di luar kompleksnya di Vatikan selain saat dinas ke luar negeri.


Diberitakan sebelumnya, Paus Fransiskus menjalani operasi radang usus besar selama tiga jam pada pekan sebelumnya. Operasi dilakukan karena usus besarnya mengalami penyempitan yang cukup parah. Untungnya, operasi berjalan lancar.

Operasi usus besar pada Ahad lalu juga operasi besar pertama yang dijalani Paus Fransiskus setelah sekian lama. Terakhir kali ia masuk rumah sakit pun pada tahun 2013. Adapun Vatikan mengatakan Paus Fransiskus telah beraktivitas normal sejak beberapa hari terakhir mulai dari kembali bekerja, berjalan, dan makan bersama pendamping-pendampingnya. (tmp/red)