Connect with us

Daerah

Cetak Upal, Penjala Kepiting Gol

Published

on

Tebingtinggi, Geosiar.com,- Pencetak uang palsu berinisial RN (44) warga Jalan Pelita, Kelurahan Pagurawan, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara ditangkap Tim Elang Sakti Satreskrim Polres Tebingtinggi, Jumat ( 9/7) sekira pukul 18.30 WIB.

Kasat Reskrim Polres Tebingtinggi, AKP Wirhan Arif melalui Kanit Idik I, Ipda SPN Siregar SH kepada wartawan, Sabtu (10/7/2021), membenarkan telah menangkap warga Batubara berinisial RN tanpa perlawanan dan kini masih diperiksa lebih lanjut.

“RN dan barang bukti 30 lembar uang palsu pecahan Rp 50 ribu telah diamankan ke Polres Tebingtinggi untuk proses penyidikan.

Penangkapan RN berdasarkan informasi yang diperoleh bahwa di Bandar Khalipah beredar uang palsu. Tim Elang Sakti langsung turun melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan RN.

“Penyelidikan di Bandar Khalipah dan mengarah ke RN warga Batubara. Kita langsung melakukan penangkapan,” ujarnya.

RN saat diwawancarai, mengaku sudah melakukan aksinya selama 5 bulan lebih. Dimana uang palsu yang dicetaknya menggunakan printer sebanyak puluhan juta.

“Uang dijualnya kepada 6 rekannya untuk diedarkan di Kelurahan Pagurawan, Batubara dan Kecamatan Bandar Khalipah, Kabupaten Serdangbedagai,” jelasnya.

Tentang kemana upal itu di edarkan, Ayah 2 anak itu tidak tahu menahu dan dirinya bisa mencetak upal dengan belajar melalui Youtube setelah pulang dari menjala kepiting dilaut.(as)