Connect with us

Lifestyle

7 Kiat Atasi Masalah Keuangan di Tengah Pandemi

Published

on

Geosiar.com – Saat pandemi, tak sedikit di antara kita yang mungkin mengalami masalah keuangan, entah karena berkurangnya pemasukan atau akibat lainnya. Tentu saja hal ini membuat kita merasa khawatir. Bagaimana dengan hidup sehari-hari?

Terlalu khawatir akan masalah keuangan bisa berujung pada stres. Ujung-ujungnya, ini bisa memengaruhi fisik dan mental. Apa yang harus dilakukan?

Dilansir melalui Pinkvilla, simak 7 kiat mengatasi masalah keuangan di tengah pandemi yang bisa Anda lakukan.

  1. Lacak pengeluaran Anda
    Catat semua pengeluaran dan pinjaman Anda. Catat di mana Anda menghabiskan uang, dan cobalah untuk berhemat atau mengurangi pengeluaran di pos tersebut. Catat juga pengeluaran -pengeluaran kecil yang sering dianggap sepele. Dengan mengetahuinya, Anda bisa mencoba untuk meminimalkannya.
  1. Buat anggaran
    Dengan membuat anggaran, itu artinya Anda akan ‘dipaksa’ untuk membatasi pengeluaran Anda. Pastikan untuk tidak melebihi anggaran yang telah Anda buat. Keluarkanlah uang dengan bijak hanya untuk hal-hal yang sangat Anda butuhkan.
  2. Simpan dana darurat berupa uang tunai
    Simpan uang tunai darurat jika terjadi skenario terburuk. Selalu berharap bahwa mungkin ada situasi di mana semua uang Anda hilang. Dalam kasus seperti itu, simpanan uang tunai yang Anda taruh di rumah bisa dimanfaatkan.
  3. Bergaya hidup sederhana dan minimalis
    Saatnya menurunkan gaya hidup Anda. Minimalkan pengeluaran dan keinginan. Hiduplah hanya untuk memenuhi kebutuhan.
  4. Buat rencana ke depan
    Di tengah kesulitan seperti saat ini, penting untuk memiliki visi dan rencana masa depan. Jika Anda tak dapat mempertahankan pekerjaan yang dimiliki, segera pikirkan apa yang akan Anda lakukan untuk mencari nafkah.
  5. Temukan kebahagiaan dalam bentuk lain
    Kebahagiaan tidak selalu dalam bentuk materi. Waktu yang Anda habiskan bersama keluarga atau teman juga bisa memberi kebahagiaan. Percaya pada kualitas daripada kuantitas. Terapkan aturan emas ini ke mana pun Anda pergi. Pastikan Anda memperkuat kualitas hidup Anda, dan bukan sebaliknya.
  1. Latihan bersyukur
    Berbahagialah dengan apa yang masih Anda miliki saat ini. Sebelum Anda pergi tidur di malam hari, pastikan Anda adalah orang yang bahagia dan puas dengan apapun yang saat ini masih dimiliki, entah itu rumah tempat berteduh, keluarga yang sehat, atau apapun. Mengeluh kekurangan tidak akan pernah membuat bahagia. Anda akan selalu mengejar kebahagiaan jika Anda terus merasa kekurangan.(sc/red)