Connect with us

Lifestyle

Waspadai, 5 Ciri Anak Kecanduan Gadget

Published

on

Ilustrasi : anak anak sedang bermain gadget. (Foto / dok )

Geosiar.com – Orangtua perlu waspada, kenali 5 ciri anak kecanduan gadget. Mungkin sebagian orangtua belum tahu anaknya kecanduan gadget, padahal kecanduan gadget berdampak negatif jika terus dibiarkan.

Berbagai ciri kecanduan gadget seperti selalu main gadget di waktu luang, gelisah saat tidak main gadget, tidak tertarik aktivitas lain, enggak mau keluar rumah, dan main gadget sembunyi-sembunyi akan dibahas dalam tulisan ini.

Saat ini, sebagian besar orang mengangap gadget menjadi barang wajib dibawa kemanapun pergi, setiap saat, setiap waktu. Terkini, anak-anak bahkan mulai melakukan aktifitas melalui gadget seperti belajar, menonton video, berselancar di nternet hingga bermain game dan berbagai aktifitas lainnya.

Meski demikian, penggunaan gadget pada nak-anak harus dibatasi. Karena, jika terlalu sering terlebih tanpa pengawasan bisa menyebabkan anak kecanduan gadget yang akan berdampak negatif untuk kesehatan.

Berikut 5 ciri anak yang kecanduan gadget yang dihimpun SB.id.

Selalu main gadget di waktu luang

Menukil laman klikdokter, Jumat 18 Juni 2021, salah satu ciri anak kecanduan gadget adalah anak selalu menggunakan perangkatnya di setiap waktu luang. Misalnya saat menunggu makanan atau minuman yang dipesan, sedang mengantre atau sedang di perjalanan.

Gelisah saat tidak main gadget

Kemudian ciri berikutnya adalah anak gelisah saat tidak memegang atau bermain gadget. Apalagi, jika anak sudah kelimpungan saat tahu tidak membawa gadgetnya bersamanya. Pada banyak kasus, anak bahkan bisa ngamuk jika tidak main gadget.

Tidak tertarik aktivitas lain

Salah satu ciri-ciri anak kecanduan gadget adalah menolak melakukan aktivitas lain yang mengharuskannya melepas gadgetnya. Anak biasanya jadi malas bermain dengan teman atau saudaranya. Bahkan, tak jarang jadi sulit diminta untuk mengerjakan aktivitas rutin seperti makan atau mandi saat sedang asyik bermain gadget.

Enggak mau keluar rumah

Jika anak sudah ogah keluar rumah untuk bermain, dan lebih memilih di rumah sambil bermain gadget dalam jangka waktu yang lama, maka patut diwaspadai sang anak sudah kecanduan gadget.

Main gadget sembunyi-sembunyi

Rasa kecanduan gadget pada anak dapat membuatnya melakukan perbuatan yang tidak jujur. Misal, sembunyi-sembunyi bahkan berbohong hanya agar bisa bermain dengan gadget sedikit lebih lama.

Solusi

Lantas bagaimana jika ciri-ciri anak kecanduan main gadget di atas sudah nampak pada buah hati Anda? Terdapat sejumlah langkah yang bisa dilakukan.

Paling mudah yang bisa dilakukan adalah sebagai orang tua harus memberi contoh yang baik. Jadi, orang tua juga jangan terlalu lama bermain gadget, karena itu bisa jadi contoh buat si buah hati.

Kemudian Anda bisa buat kesepakatan dengan anak soal durasi lama bermain gadget. Misalnya Anda menyepakati dengan anak untuk bermain gadget hanya 1 sampai 2 jam. Jika sudah lewat dari waktu yang disepakati, maka anak harus menyerahkan gadgetnya.

Selain itu, bisa juga mengajak anak untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti jalan-jalan ke taman, sekitar komplek, main sepeda atau berkebun.

Beri tahu juga kepada anak bahaya bermain gadget terlalu lama bagi kesehatan. Jika anak Anda terlalu lama bermain gadget, jangan langsung diomeli atau memukulnya, melainkan harus dijelaskan secara pelan-pelan dan diberi pemahaman soal bahaya main gadget terlalu lama.(sc/red)