Connect with us

Ekonomi

Duta Besar Belarus, KADIN Medan dan Unpab Sepakat Jajaki Kerjasama

Published

on

Duta Besar Belarus Mr. Valery Kolesnik foto bersama Ketua KADIN Medan Arman Chandra dan Pengurus KADIN Medan lainnya. (Foto/ist)

Medan, Geosiar.com.,- Pertemuan pemaparan Peluang Bisnis Kota Medan – Belarus oleh Duta Besar Belarus Mr. Valery Kolesnik bersama, Rektor Unpab, Ketua KADIN Kota Medan Arman Chandra dan pengurus KADIN Medan lainnya dilaksanakan di Ruang Terbuka Mahabento, di Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) Medan, Senin (7/6/2021).

Mengawali pertemuan itu, Mewakili Rektor Unpab, Kepala Sekretariat Unpab Abdul Rozak mengatakan, Universitas Panca Budi menyambut baik potensi kemitraan khususnya di sektor pertanian. Selanjutnya, kata Rozak, bagaimana institusi pendidikan boleh ikut berperan dalam mendukung program program ekonomi. “Kami juga berharap institusi pendidikan ikut berperan,” harap Rozak.

Ketua KADIN Medan Arman Chandra saat menyerahkan Cendra mata kepada Duta Besar Belarus Mr. Valery Kolesnik. (Foto/geosiar)

Sementara itu, Ketua KADIN Medan Arman Chandra menyambut baik kehadiran Duta Besar Belarus yang ingin menjalin kerjasama yang lebih jauh lagi, dari yang sudah terjalin selama ini.

Arman Chandra juga menjelaskan kondisi ekspor di Sumut, ekspor terbesar yakni Lemak nabati, Karet 1,14 miliar dolar, Produk Kimia 789 ribu dolar. “Harapan kami, tetap memberi bantuan, untuk peningkatan ekspor,” tegas Arman.

Duta Besar Negara Belarus Mr Valery Kolesnik dalam sambutannya menjelaskan, peluang peluang terkait Ekspor Impor yang selama ini sudah terjalin. Dimana Belarus utamanya ekspor pupuk, alat berat, dan produk pangan ke Indonesia. Sebaliknya, mereka impor sawit, karet, ikan, dan beberapa komoditas lainnya dari Indonesia.

Selain itu, Valery juga merencanakan secara kelembagaan akan membawa Kamar Dagang Belarus, untuk punya kemitraan langsung dengan KADIN Medan. Begitupun, kata Valery secara lamgsung jika ada yang ingin diekspor-imporkan pihaknya siap membantu.

Apalagi lanjutnya, Belarus ada kerjasama dengan Negara Rusia dan beberapa negara lainnya di Eropa Timur. “Jadi, semua produk yang sudah masuk ke Belarus, boleh masuk Rusia dan negara lain tapi proses izin,” katanya.

Unpab menyerahkan cendramata dan songket

Dalam kesempatan itu, Duta Besar Belarus menerima cendra mata dari, KADIN Medan, cendra mata dari Unpab dan Songket.

Acara dilanjutkan dengan penandatangan MoU atau kerjasama KADIN Medan dengan Universitas Panca Budi.

Penandatangan MoU atau kerjasama KADIN Medan dengan Universitas Panca Budi.(Foto/geosiar)

Turut hadir pengurus KADIN Medan diantaranya M. Iqbal Sinaga, Sahala Tua Siregar, Fahkrizal, Ferry Dika Wardhana Edwan, Abdul Razak Nasution, Muhibuddin Rahman, Condrad Naibaho, Joey gisela dan M Hafidz Iskandar Batubara.(red)