Connect with us

Dunia

Waspada Virus Corona, Olimpiade Tokyo Dikecam Lagi

Published

on

Geosiar.com, – Komite Olimpiade Jepang pada Jumat, 4 Juni 2021, mengecam panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo karena dianggap telah mengabaikan kekhawatiran publik soal penyelenggaraan pesta olahraga dunia itu di tengah pandemi Covid-19.

Kaori Yamaguchi dari Komite Olimpiade Jepang, yang juga mantan atlet Olimpade cabang olahraga Judo, menuding Pemerintah Jepang, komite Olimpiade Tokyo 2020 dan Komite Internasional Olimpiade menghindari dialog. Yamaguchi, juga berpandangan opini masyarakat Jepang seolah tidak penting.

“Saya yakin kita telah mengesampingkan kesempatan untuk membatalkan. Kami sangat waswas dengan situasi saat ini, yang bahkan sulit dihentikan,” kata Yamaguchi.


Penasehat kesehatan di Jepang telah menyarankan agar pemerintah membuat kebijakan baru demi mengurangi risiko penyebaran wabah virus corona.

Komite Olimpiade Internasional sebenarnya juga berpandangan masyarakat Jepang ingin pertandingan Olimpiade Tokyo dibatalkan, dimana hal ini sesuai pula dengan hasil survei. Olimpiade Tokyo sebenarnya sudah ditunda, yang seharusnya diselenggarakan pada tahun lalu gara-gara pandemi Covid-19. Rencananya, Olimpiade Tokyo akan diselenggarakan pada 23 Juli 2021 kendati muncul waswas dari masyarakat terkait penyebaran wabah virus corona.

Penasehat tinggi Pemerintah Jepang Shigeru Omi mengatakan pada parlemen pada Jumat, 4 Juni 2021, risiko terbesar dari penyelenggaraan Olimpiade ini adalah adanya pergerakan massa yang besar, yang bisa membuat angka infeksi virus corona meningkat.

“Orang-orang sudah jenuh dengan anjuran ‘di rumah saja’, kecuali Pemerintah Jepang muncul dengan sesuatu yang baru dalam fase kritis ini untuk mencegah risiko penularan,” kata Omi.

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga, sebelumnya mengatakan kesuksesan Jepang menjadi tuan rumah Olimpiade, yang aman dan terjamin, akan membawa harapan dan keberanian bagi dunia.(tmp/red)