Connect with us

Daerah

Dana Insentif Vaksinator Covid – 19 Dan THR 1092 Orang Pegawai Dinkes Karo Belum Direalisasikan

Published

on

Kantor Dinas Kesehatan Pemerintahan Kabupaten Karo

Tanahkaro – Geosiar – Dana insentif untuk para Vaksinator Covid 19 beserta Tunjangan Hari Raya (THR) yang seyogianya sudah disalurkan kepada seluruh Vaksinator dan pegawai pada Dinas Kesehatan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Karo hingga hari ini belum teralisasikan.

Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Kesehatan Pemkab Karo, Drg Irna Sembiring saat dikonfirmasi mengakui kebenaran belum terealisasinya uang insentif vaksinator covid 19 dan juga belum terealisasinya uang THR kepada seluruh pegawai pada lingkup Dinas Kesehatan.

Drg irna menjelaskan bahwa ada 25 tim Vaksinator, setiap tim terdiri dari 10 orang dan yang diusulkan 150.000 per hari per vaksinator

Jumlah pegawai yg menerima THR nanti 1092 orang, sampai saat ini masih dalam proses realisasi.

Ada keterlambatan dikarenakan perubahan sistim aplikasi keuangan dari Simda ke Sipd yang sama seluruh indonesia.

Proses adaptasi membuat pembayaran menjadi terlambat, bukan hanya dinkes tapi ada 11 OPD termasuk kecamatan juga masih dalm proses realisasi, jelas kepala OPD Dinas Kesehatan, rabu (2/6).

Amatan awak media bahwa saat ini presiden Republik Indonesia ir. Joko widodo telah menetapkan Peraturan Pemerintah (pp) no 63 tagun 2021 tentang Aturan pemberian Tunjangan Hari Raya dan dan Gaji ke-13 tahun 2021 kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun dan Penerima Tunjangan Tahun 2021.

Mentri Keuangan sri mulyani juga telah menerbitkan petunjuk teknis (juknis) melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 42/PMK.05/2021 dengan jumlah rincian untuk ASN di lingkungan K/L dan TNI/Polri Rp 7 triliun, ASN daerah dan PPPK sebesar Rp 14,8 triliun, serta pensiunan Rp 9 triliun.

Dikutip dari PMK tersebut, bahwa THR Lebaran tahun 2021 terdiri atas gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan dalam bentuk uang, dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum sesuai jabatannya.

Didalam kebijakan pemberian untuk pemberian THR ditampung dalam APBN tahun 2021 dan realisasi penyaluran diketahui mulai pada periode H – 10 sampai H – 5 sebelum Idul Fitri./edy surbakti