Connect with us

Dunia

Paus Fransiskus Bakal Punya Mobil Listrik Ramah Lingkungan dari Fisker

Published

on

Paus Fransiskus (Foto/dok)

Geosiar.com, – Paus Fransiskus akan mendapat mobil listrik pertamanya tahun depan untuk melengkapi mobil Kepausan dengan teknologi yang lebih ramah lingkungan.

Fisker Inc yang berbasis di Los Angeles pada Jumat mengatakan berencana untuk memasok kendaraan listrik murni pertama untuk Paus Fransiskus tahun depan, dengan fitur seperti atap panel tenaga surya dan karpet yang terbuat dari botol plastik daur ulang dari laut.

Fisker akan memodifikasi model SUV Ocean mereka untuk digunakan oleh Paus Fransiskus, menyediakan kubah kaca yang bisa dibuka dan bahan interior yang tahan lama, seperti karpet, dilansir dari Reuters, 22 Mei 2021.

Salah satu pendiri Henrik Fisker, mantan desainer untuk pembuat mobil mewah Inggris Aston Martin, dan Dr. Geeta Gupta-Fisker bertemu dengan kepala Gereja Katolik Roma di Kota Vatikan, kata perusahaan itu.

“Saya mendapat inspirasi bahwa Paus Fransiskus sangat perhatian tentang lingkungan dan dampak perubahan iklim untuk generasi mendatang,” kata Fisker.

Secara tradisional, mobil resmi Paus dibuat oleh Mercedes-Benz dan harus berlapis baja dengan baik serta dilengkapi dengan kaca antipeluru, menurut The Verge. Tidak diketahui apakah Vatikan akan menggunakan SUV listrik Fisker Inc. Kantor Pers Takhta Suci Vatikan tidak belum berkomentar.

Produksi SUV listrik Ocean Fisker direncanakan akan dimulai pada November tahun depan, melalui kontrak pabrikan Magna International Inc di Eropa.

Perusahaan tidak mengungkapkan biaya kendaraan modifikasi yang ditujukan untuk Paus, tetapi Fisker Ocean dibanderol dengan harga mulai dari US$ 37.499 (Rp 538 juta) di Amerika Serikat, dan 32.000 euro (Rp 560 juta) di Jerman.

Paus sendiri telah mengendarai semua jenis kendaraan yang dimodifikasi selama perjalanannya dan bahkan menggunakan mobil listrik tanpa emisi. Vatikan dihadiahi sebuah van listrik Renault Kangoo pada 2012, tetapi itu digunakan untuk transportasi yang tidak terlalu resmi, seperti mobilitas di sekitar Istana Kepausan di musim panas.

Paus Fransiskus berkeliling dengan Toyota Mirai bertenaga hidrogen di Jepang pada tahun 2019. Mercedes-Benz bahkan telah membuat mobil hibrida untuk Paus Fransiskus.(tmp/red)