Connect with us

Nasional

Bahas 75 Pegawai Selasa Pekan Depan, KPK Harap Ada Keputusan Terbaik

Published

on

Jakarta, Geosiar.com,- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah lembaga membahas nasib 75 pegawai yang tidak lolos Tes Wawasan Kebangsaan.

Selain KPK, peserta rapat lainnya adalah perwakilan dari Kementerian PAN RB, Badan Kepegawaian Nasional, Lembaga Administrasi Negara, Kementerian Hukum dan HAM, serta Komisi Aparatur Sipil Negara.

“Dijadwalkan Selasa, 25 Mei 2021,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Jumat, 21 Mei 2021.

Ali mengatakan rapat koordinasi itu merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo. Sebelumnya, Jokowi meminta agar hasil TWK tidak dijadikan dasar untuk memecat pegawai. Melainkan sebagai bahan evaluasi untuk instansi dan individu pegawai KPK.

Ali mengatakan KPK tak bisa memutuskan sendirian ihwal hasil tes itu. Karena itu, dia mengatakan KPK akan mengajak beberapa lembaga tersebut.

“KPK tentu berharap, hasil koordinasi akan menghasilkan keputusan terbaik bagi insan KPK,” kata dia.

Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri memastikan akan menindaklanjuti instruksi presiden soal TWK dengan melibatkan lembaga terkait. “Karena sesungguhnya kalau ada perintah Presiden tentulah kami tindak lanjuti tetapi menindaklanjutinya tidak bisa hanya KPK karena terkait dengan kementerian lembaga lain ada Menpan ada Kumham yang mengatur regulasi ada KASN ada LAN, ada BKN. Inilah yang kami kerja samakan,” ujar Firli.(tmp/red)