Connect with us

Lifestyle

4 Langkah Membangun Hubungan yang Sehat dan Berkomitmen

Published

on

Ilustrasi : Bermesraan. (Foto/dok)

Geosiar.com – Setiap pasangan pasti berharap memiliki hubungan yang sehat dan langgeng. Untuk mencapai hal tersebut, tentu membutuhkan usaha dan konsistensi di antara kedua belah pihak. Berikut ini, terdapat empat langkah yang dapat diterapkan agar hubungan bisa sehat dan berkomitmen, mengutip dari Popmama.

  1. Mengutamakan komunikasi dan diskusi

Komunikasi yang baik adalah kunci dari hubungan yang sehat. Ketika mendapatkan sebuah persoalan, maka mulailah dengan berkomunikasi dan bertukar pikiran dengan pasangan melalui diskusi. Langkah ini adalah salah satu cara yang bijak dalam menyikapi sebuah permasalahan yang ada di antara kalian.

  1. Membuat kesepakatan bersama sejak awal

Sebelum melanjutkan hubungan ke tahap yang lebih serius, perlu adanya sebuah kesepakatan yang dibangun bersama sejak awal. Hal ini berguna untuk mengetahui batasan yang boleh dan tidak boleh dilakukan di antara kedua pihak.

Kesepakatan yang telah dibuat bersama dapat menjadi pedoman untuk membangun dan membuat hubungan terus berkembang dan tetap sehat. Langkah tersebut juga dapat melatih rasa tanggung jawab dan komitmen di antara pasangan.

  1. Hindari gengsi untuk mengakui kesalahan dan meminta maaf terlebih dahulu

Perasaan emosi yang menguasai pikiran terkadang membuat seseorang menjadi kurang bisa berpikir secara jernih dan tenang. Kebiasaan untuk tidak mau mengakui kesalahan yang telah diperbuat dapat menjadi batu sandungan dalam menjalin hubungan. Belajarlah untuk mengakui dan menyampaikan kesalahan yang sudah diperbuat dapat membuat keadaan menjadi lebih kondusif dan terkendali.

  1. Jangan menunda untuk menyelesaikan masalah

Ketika menemukan suatu permasalahan, sebaiknya lekas ambil waktu untuk dapat menyelesaikan masalah tersebut. Jangan membiarkannya berlarut terlalu lama karena hal ini bisa jadi bom waktu yang mengerikan. Mulailah untuk menuntaskan masalah sekecil apapun. Langkah ini juga bisa melatih sikap di antara pasangan agar tak mudah goyah karena adanya persoalan dan menjaga agar hubungan tetap sehat.

Nah, itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan bersama pasangan untuk hubungan yang sehat dan berkomitmen penuh. Semoga bermanfaat ya. (sc/red)