Connect with us

Politik

Pansus LKPJ Minta Kinerja Ispektorat Pemko Medan Lebih Tegas Soal Pungli

Published

on

Medan, Geosiar.com – Anggota DPRD Medan yang tergabung di Panitia Khusus (Pansus) LKPJ Walikota Medan 2020 menyoroti kinerja Inspektorat Pemko Medan. Pansus menuntut kinerja Inspektorat agar lebih tegas dan meningkatkan kinerjanya dalam penindakan dan pengawasan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang melanggar disiplin apalagi terlibat pungutan liar (pungli).

“Kinerja Inspektorat harus ditingkatkan sehingga tidak ada lagi ASN yang melanggar disiplin apalagi melakukan pungli,” tegas Ketua Pansus LKPJ Roby Barus SE MAP saat melakukan pembahasan LKPJ di ruang banggar gedung DPRD Medan, Senin (12/4/2021)

Dikatakan Roby, Ispektorat harus mampu mengikuti program Walikota Medan M Bobby Afif Nasution dalam peningkatan kinerja ASN Pemko Medan agar lebih gesit dalam etos kerja. “Ispektorat harus mampu mendukung program Walikota. Kunci utama adalah meningkatkan kinerja dan kemampuan SDM ASN,” sebut Roby Barus yang juga Ketua Fraksi PDIP DPRD Medan itu.

Terlebih masalah kasus dugaan kasus pungli di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti di Dinas Perhubungan Kota Medan Roby minta Inspektorat agar hal dimaksud menjadi perhatian serius.

“Ke depan kita harapkan jangan ada lagi kejadian pungli di lingkungan Pemko Medan,” harap Roby.

Sama halnya dengan Wakil Ketua Pansus Syaiful Ramadhan menyoroti kinerja tenaga medis di beberapa Puskesmas yang masih memberikan pelayanan buruk. Terkait hal itu, Syaiful minta spektorat dapat melakukan pengawasan kinerja di Puskesmas.

Sedangkan anggota Pansus LKPJ, Haris Kelana menyampaikan, Ispektorat tidak boleh lalai dalam pengawasan tindakan pungli. Karena masa pandemi Covid 19 dimungkinkan pungli semakin banyak karena hempitan ekonomi.

Menyikapi sorotan Pansus, Plt Kepala Ispektorat Pemko Medan Renward Bakara menyebut, akan menjadi perhatian pihaknya. Renward mengaku akan mengundang beberapa OPD fan menjadi progres mereka.

Saat ini kata Renward, Pemko Medan sedang membentuk tim kerja yang melibatkan Kejaksaan dan Kepolisian terkait pemberantasan Saber Pungli. “Kita akan serius menyikapi Pungli itu,” tutur Renward. (lamru)