Connect with us

Ekonomi

Upaya Tingkatkan Ekspor, GPEI Sumut Kunker ke TPFT PT Graha Segara Jakarta

Published

on

Ketua GPEI Sumut Drs Hendrik Sitompul MM, Bendahara GPEI Sumut Delpius Ginting, Wakil Ketua GPEI Sumut Bidang Logistik dan Hubungan Internasional Paskalis Sitompul, Wakil Ketua Bidang Humas dan Publikasi Condrad Naibaho, Wakil Ketua Bidang UMKM Job Purba dan Staff Ode, diabadikan bersama CEO Ekanuri Wildan, Direktur Eksekutif Roy dan Staff PT Graha Segara. (Foto/Geosiar)

Jakarta, Geosiar.com,- Pengurus Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Sumatera Utara (Sumut) yang dipimpin Ketua GPEI Sumut Drs Hendrik Sitompul MM, menggelar kunjungan kerja (kunker) ke Tempat Pemeriksaan Fisik Terpadu (TPFT) PT Graha Segara di Jalan Hayam Wuruk Jakarta, Kamis (8/4/2021).

Kunker GPEI Sumut yang diakui untuk pertama kali itu, diterima langsung CEO Ekanuri Group Wildan, Direktur Eksekutif Roy dan Staff PT Graha Segara lainnya. Sementara pengurus GPEI Sumut yang ikut kunker diantaranya, Bendahara GPEI Sumut Delpius Ginting, Wakil Ketua GPEI Sumut Bidang Logistik dan Hubungan Internasional Paskalis Sitompul, Wakil Ketua Bidang Humas dan Publikasi Condrad Naibaho, Wakil Ketua Bidang UMKM Job Purba dan Staff Ode.

usai mengulosi, Ketua GPEI Sumut Drs Hendrik Sitompul diabadikan bersama CEO Ekanuri Wildan. (Foto/Geosiar)

Ketua GPEI Sumut Hendrik Sitompul mengakui, kedatangan GPEI Sumut untuk menyatukan persepsi terkait upaya untuk meningkatkan ekspor khususnya di Sumut. “Kami akui Ekanuri group memberi energi baru dan ahlinya logistik. Namun jika menyangkut ekspor, kita tetap harus memikirkan hulu dan hilir,” tegas Hendrik.

Ketua GPEI Sumut Hendrik Sitompul mengakui, kedatangan GPEI Sumut untuk menyatukan persepsi terkait upaya untuk meningkatkan ekspor khususnya di Sumut. “Kami akui Ekanuri group memberi energi baru dan ahlinya logistik. Namun jika menyangkut ekspor, kita tetap harus memikirkan hulu dan hilir,” tegas Hendrik.

Lebih jauh kata Hendrik, dalam upaya untuk mendapatkan dukungan dalam upaya peningkatan ekspor, GPEI Sumut telah melakukan kunjungan ke sejumlah stakeholder yang ada di Belawan. ” Selain kunjungan kesemua stakeholder yang ada di Belawan, kami juga sudah melakukan investigasi keberbagai instansi dan pelaku ekspor. Jadi, boleh kami sampaikan Graha Segara stakeholder yang terakhir kami kunjungi,” tegas Hendrik.

Begitupun, lanjut Hendrik, GPEI Sumut juga mempertanyakan rencana akan dibukanya Mall Ekspor. “Kami mendapat informasi adanya rencana buka Mall Ekspor dengan lahan yang sudah tersedia berkisar7 hektar, apakah info ini benar..? Karena kami mendapat informasi yang berbeda,” tanya Hendrik.

Terkait hal itu, Roy mengakui, baru kali ini duduk bersama untuk menselaraskan terkait Mall Ekspor. “Yang pasti, jika menggunakan kata Mall Ekspor, tentu artinya akan melebar dan meluas, jadi tidak tepat mall ekspor. Kami lebih memilih TPFT Ekspor,” tegas Roy.

Sekolah Ekspor

Pada pertemuan itu, Ketua GPEI Sumut Hendrik Sitompul menjelaskan terkait sekolah ekspor dalam upaya untuk meningkatkan ekspor di Sumut. “Hasil survey Kami, berkisar 75% tidak ngerti soal ekspor,” tegas Hendrik.

Lebih jauh kata Hendrik, dari hasil survey dan investigasi GPEI Sumut, ditemukan adanya prilaku eksportir, yang disimpulkan menjadi 3 bagian, yakni eksportir pemilik barang, pengumpul dan under name. “Banyak eksportir ini tidak mau pusing dan terkesan sombong, memberi produknya untuk di ekspor kepada pihak kedua atau pemberi jasa. Jadi disini kita temukan adanya indikasi tidak bayar pajak,” tegas Hendrik.

Kita harapkan, lanjut Hendrik, melalui Sekolah Ekspor dapat meningkatkan ekspor di Sumut, karena para pelaku dan pemilik barang akan mendapatkan pengetahuan tentang ekspor. “Jadi, Kami GPEI Sumut juga punya target 1.000 eksportir baru dalam jangka waktu 2 tahun,” kata Hendrik, sambil menunjukkan silabus, materi dan rencana sekolah ekspor.

Usai mendengar penjelasan itu, Direktur Eksekutif Roy mengakui akan mendukung rencana Sekolah Ekspor GPEI Sumut. Bahkan mengakui rencana itu cukup bagus. “Saya akui, rencana sekolah ekspor milik GPEI Sumut itu cukup baik dan memiliki konten yang cukup baik, Kami akan dukung,” tegas Roy.

Serahkan Ulos

Diujung acara kunker, Ketua DPD GPEI Sumut Hendrik Sitompul menyerahkan Ulos Sodum kepada CEO Ekanuri Group Wildan. Selanjutnya diikuti Direktur Eksekutif Roy dan bersama Staff PT Graha Segara menggelar foto bersama, dengan pengurus GPEI Sumut lainnya.(red)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *