Connect with us

Olahraga

Valentino Rossi Heran Kok Bisa Quartararo dan Vinales Tampil Cepat di Qatar

Published

on

Valentino Rossi. (Foto/dok)


Geosiar.com,– Yamaha mendominasi kemenangan dua balapan di Qatar. Pada seri pembuka bertajuk MotoGP Qatar 2021, Maverick Vinales sukses tampil yang tercepat mencapai garis finis. Lalu balapan keduanya menjadi milik Fabio Quartararo yang memenangi seri Doha.

Keberhasilan Vinales dan Quartararo itu lantas membuat Yamaha semakin menegaskan bahwa Losail menjadi sirkuit andalan tim pabrikan berlogo garpu tala tersebut. Namun, nyatanya tak semua rider Yamaha dapat bersinar di Qatar.

Ada dua pembalap satelit Yamaha yang berasal dari tim Petronas Yamaha SRT yang justru melempem selama dua balapan di Sirkuit Losail tersebut. Kedua pembalap itu adalah Valentino Rossi dan Franco Morbidelli.

Rossi dan Morbidelli malahan bisa dikatkaan gagal total ketika tampil di MotoGP Qatar 2021 yang berlangsung akhir Maret kemarin dan di seri Doha yang baru saja berakhir pada Senin (5/4/2021) dini hari WIB. Keduanya kompak finis di luar 10 besar pada dua balapan di Sirkuit Losail, Qatar tersebut.

Banyak kendala tentunya yang membuat Rossi dan Morbidelli sampai tak bisa tampil maksimal. Salah satunya adalah faktor motor yang digunakan oleh kedua rider tim satelit Yamaha tersebut.

Untuk Morbidelli mungkin agak sedikit wajar bila mengalami masalah karena motor yang digunakannya tak sama seperti yang dipakai Quartararo dan Vinales. Masalahnya Rossi mendapatkan paket motor yang sama persis dengan Quartararo dan Vinales.


Akan tetapi, Rossi justru hanya bisa finis di urutan ke-12 saat tampil di seri Qatar dan pada balapan GP Doha ia hanya bisa mengakhiri race di posisi ke-16. Rossi sendiri heran kenapa bisa Vinales dan Quartararo dapat melaju kencang.

Lebih herannya lagi untuk Rossi, baik Quartararo dan Vinales seperti bertukar nasih di dua balapan di Losail tersebut. Seperti saat Vinales menang, Quartararo justru tampil kurang baik.

Lalu ketika Quartararo yang tampil cepat dan menang, Vinales yang gantian mengalami kesialan. Rossi sendiri tak tahu apa yang menjadi penyebabnya. Namun, yang pasti Rossi sedikit iri melihat dua rider tim pabrikan Yamaha itu setidak bisa tampil cepat di salah satu balapan di Qatar tersebut.

“Menurut saya Quartararo melakukan balapan yang fantastis. Kali ini justru Maverick yang harus berjuang sedikit seperti Quartararo minggu lalu. Balapan kali pun Quartararo tampil cepat seperti yang dilakukan Maverick minggu lalu! Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Saya pun tidak tahu!” kata Rossi, mengutip dari Crash, Senin (5/4/2021).(oz/red)