Connect with us

Daerah

Gedung Sekolah Banyak Rusak, LSM LPPAS : Evaluasi Kinerja Kepsek

Published

on

Gedung sekolah SD Negeri No.106219 yang tidak terawat. (Foto/ist)

Geosiar.com,Sergai,- Setiap anak wajib mengecap yang namanya pendidikan di sekolah. Selain itu sarana dan prasarana sekolah tersebut juga harus mendukung demi kelancaran proses belajar dan mengajar di dunia pendidikan seperti salah satunya gedung sekolah harus memiliki ruang kelas yang layak ditempati agar para peserta didik nyaman dalam belajar.

Namun sangat disayangkan dengan gedung Sekolah Dasar (SD) Negeri 106219 Nagur ujung, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Sergai, terlihat gedung lokal tersebut sudah terlihat rangka kayunya dan asbesnya juga banyak yang hancur bahkan ada yang hampir roboh.

Pantauan wartawan, dilokasi pada hari Senin (29/03/2021) selain asbes di dalam ruangan yang hancur, terlihat juga di sisi belakang ruangan asbesnya hampir roboh, bahkan kawat harmonika jendelanya sudah tidak ada lagi dan kamar mandi sekolahnya juga tak terurus.

Melihat dari kondisi asbes yang hancur itu, sepertinya sudah lama dibiarkan, diduga kurangnya perawatan, sehingga sangat berbahaya jika terjadi hal yang tidak di inginkan jika roboh atau menimpa peserta didik jika dimulainya proses belajar tatap muka.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPC LSM LPPAS-RI Sergai, Aripin Tambunan, Rabu (31/03/2021) mengatakan sangat menyayangkan dengan kondisi gedung lokal SD Negeri 106219 Nagur ujung, Kecamatan Tanjung Beringin banyak yang hancur karena kurangnya perawatan.

“Banyak asbes sekolah itu hancur bahkan mau roboh diduga kurangnya perawatan seolah dibiarkan aja,” kata Aripin Tambunan.

Ditambahkannya, kepala sekolah seharusnya mampu memperbaiki mutu pendidikan di lingkungan sekolah, baik itu sistem belajar mengajarnya maupun wadah belajarnya yakni ruangan kelas, jelas Pemerintah telah menganggarkan dana yang besar untuk pendidikan.

“Untuk itu Dinas Pendidikan Kabupaten Sergai agar mengevaluasi kepala sekolah yang tidak bisa atau tidak mau merawat sekolah yang dipimpinnya,” sebutnya.

Hal ini menunjukan lemahnya pengawasan serta kurangnya pantauan dari Dinas Pendidikan Sergai terhadap jenis gedung sekolah yang layak atau tidak layak lagi untuk difungsikan.

Demi kemajuan pendidikan dan masa depan anak bangsa, dalam hal ini Pemerintah khususnya Dinas Pendidikan Sergai dapat melakukan peninjauan, agar seluruh anak bangsa Indonesia khususnya Serdang Bedagai dapat menuntut ilmu ditempat pendidikan yang layak.

“Banyaknya gedung sekolah yang rusak seperti di Kecamatan Tanjung Beringin, diharapkan kepada Pemkab Sergai khususnya dinas terkait kiranya ada perhatian serius demi kemajuan pendidikan di Kabupaten Sergai,” pungkas Ketua DPC LSM LPPAS-RI Sergai. (art)