Connect with us

Daerah

Dinilai Tak Mampu Pertahankan Anggaran Koran, LSM LPPAS-RI : Copot Kadis Kominfo Sergai

Published

on

Kantor Dinas Kominfo Sergai. (Foto/ist)

Geosiar.com,Sergai – Sangat disayangkan Dinas Kominfo Kabupaten Serdang Bedagai(Sergai) tidak mampu menyelesaikan permasalahan anggaran terhadap para wartawan terkait anggaran berlangganan koran, baik media cetak mingguan, majalah maupun harian dengan alasan anggaran direfocusing.

Hal ini merupakan pernyataan Kadis Kominfo
Akmal Koto kepada wartawan melalui selulernya saat di hubungi,Kamis (25/3/2020)

“Ia sampai di bulan April 2021 Dinas Kominfo berhenti berlangganan koran mengingat anggaran koran di refokusing” papar Kadis Kominfo.

Menyikapi hal ini kordinator Wartawan Unit Pemkab Sergai Darmawan sangat menyayangkan Dinas Kominfo Kab Sergai yang tidak mampu mempertahankan anggaran berlangganan koran ” Parah itu Dinas Kominfo anggaran koran pun tidak mampu di pertahankan” kesal Darmawan.

Dimasa pandemi ini media cetak sangat berdampak khususnya dalam pemasaran, Seharusnya pemerintah turut perihatin ini malah memperparah khususnya Pemkab Sergai ” Refokusing pertama sebesar 17 M sedikitpun tidak menciprat ke media, sekarang anggaran belanja koran yang tidak seberapa itu malah di refokusing” papar Darmawan.

Darmawan juga sangat menyesalkan kinerja kadis Kominfo Kab Sergai, tak mampu memberikan solusi kepada media di masa pandemi ini ia pun berharap Bupati Sergai mengevaluasi Kadis Kominfo Kab Sergai ” Banyak kebijakan yang di ambil Kominfo tidak melibatkan Kordinator Wartawan maupun organisasi wartawan yang ada di Sergai, bahkan kondisi pandemi ini juga tidak mampu memberikan solusi malah memperparah kondisi media” tegas Darmawan.

Darmawan memaklumi jika anggaran kerja sama media di refokusing, tapi jika anggaran berlangganan koran pun harus di refokusing ini suatu hal yang parah dan kadisnya memang tidak perlu untuk di pertahankan, paparnya.

Sementara Ketua DPC LSM LPPAS-RI Arifin Tambunan menyatakan, sangat menyayangkan kinerja dari Pemerintah Kabupaten Sergai melalui dinas Kominfo, yang seharusnya para wartawan harus di perhatikan dan harus di buat layak semestinya, karena wartawan (media) merupakan pilar ke-4 untuk mencerdaskan bangsa.

Kalau kita perhatikan semasa Akmal Koto diangkat menjadi Dinas Kominfo, terjadi pemotongan seluruh anggaran baik masalah publikasi (jumlah berita) sampai kepada verifikasi media serta terjadi lagi pemberhentian berlangganan koran dengan alasan refocusing.

Jelas disini Akmal Koto selaku Kadis Kominfo gagal untuk merangkul dan pendekatan bahkan mencari solusi yang baik kepada para wartawan.

Untuk itu,DPC LSM LPPAS-RI Kabupaten Sergai meminta dengan tegas Plan Sergai agar mencopot Kadis Kominfo, demi terjalinnya mitra yang baik dengan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai.(art)