Connect with us

Lifestyle

Tips Cegah Mimpi Buruk

Published

on

Ilustrasi : Anak gadis sedang tidur. (Foto/dok)


Geosiar.com, – Mimpi buruk bisa datang kapan saja dan menjadi masalah karena bisa mengganggu waktu istiharat saat malam hari.

Mimpi buruk saat tidur juga bisa membuat perasaan menjadi kacau. Untuk itu perlu cara untuk mengatasinya agar tidak berlangsung terus menerus.

Beberapa hal jadi penyebab seseorang bisa mengalami mimpi buruk untuk itu perlu dihindari.

Menyadur dari Times of India, inilah 5 tips mencegah mimpi buruk.

  1. 1. Jauhi ponsel satu jam sebelum tidur

Cahaya biru pada ponsel memang bisa menimbulkan malapetaka bagi siklus tidur seseorang. Tapi, sangat sedikit yang mempraktikkannya. Alhasil mimpi buruk bisa terjadi.

Jadi, coba jauhi gadget dan layar setelah pukul 10 malam atau satu jam sebelum waktu tidur. Ini karena cahaya biru yang dipancarkan bisa mengacaukan produksi melatonin atau hormon yang mengatur pola tidur.

  1. 2. Tidur sesuai jadwal

Buat tubuh mengikuti rutinitas jadi hal yang bisa dilakukan untuk menghindari mimpi buruk, termasuk memilih waktu tidur dan bangun yang sudah dijadwalkan, maka patuhilah, meskipun itu hari libur.

Saat jadwal ini dipatuhi, maka tubuh akan terbiasa dan perlahan rutinitas tidur menjadi lebih sehat dan terhindar dari mimpi buruk.

  1. 3. Mandi air hangat sebelum tidur


Mandi air hangat setidaknya 90 menit sebelum tidur efektif menurunkan suhu inti tubuh. hal itu juga memberi sinyal pada tubuh bahwa sudah saatnya untuk tidur.

Jadi cobalah mandi satu hingga dua jam lebih awal dari waktu tidur. Ini ampuh merangsang sistem termoregulasi tubuh dan menurunkan inti suhu. Cara ini juga bisa meningkatkan produksi melatonin yang membantu Anda tidur nyenyak.

  1. 4. Tidak mengonsumsi kafein di malam hari

Jika tengah berjuang menghilangkan mimpi buruk, penting untuk tidak mengonsumsi secangkir kopi atau teh panas setelah jam 2 siang.

Ingat, kafein adalah stimulan dan bisa menyebabkan gangguan tidur, akibat dari meningkatnya produksi adrenalin. Alhasil, otak menjadi lebih aktif meski dalam posisi terbaring dan menyebabkan mimpi buruk.

  1. 5. Biarkan pikiran rileks sebelum tidur

Sepanjang hari biasanya kita menghadapi banyak emosi yang berbeda, dan tidak semuanya emosi positif. Saat pikiran emosi itu berkecamuk, khususnya yang buruk, hal itu bisa menimbulkan mimpi buruk jika tidak dihilangkan lebih dahulu.

Jadi penting membuat tubuh tetap rileks. Caranya bisa dengan mendengarkan musik menenangakan, mematikan lampu, melakukan meditasi, menyalakan lilin beraroma, atau bahkan membaca buku. Bisa juga memmbuat catatan tentang keseharian Anda, seperti diary untuk membuat pikiran tenang.(sc/red)