Connect with us

Politik

Guna Terciptanya Medan Bersih, Saat Reses Antonius Tumanggor Fasilitasi Tong Sampah

Published

on

Medan, Geosiar.com – Anggota DPRD Medan Antonius Tumanggor menggelar reses sebagai upaya menampung keluhan dan aspirasi konstituennya terkait pelayanan publik dan infrastruktur di Kota Medan. Pelaksanaan reses masa sidang II Tahun ke 2 TA 2021 dapil I di Jalan Mesjid Ujung Kelurahan Sei Agul, Sabtu (20/3/2021) dihadiri ratusan masyarakat dengan antusias.

Selain menerima banyak aspirasi, Antonius Tumanggor juga memfasiilitasi pembagian tong sampah kepada komunitas warga. Pembagian tong sampah guna memaksimalkan penanganan masalah kebersihan di tengah masyarakat yang selama ini dikeluhkan karena keterbatasan fasilitas.

“Ini kita bagi yong sampah, agar masyarakat lebih peduli dengan kebersihan. Baik itu di rumah sendiri, lingkungan maupun di kelompok komunitas, ujar Antonius saat penyerahan tong sampah.

Disampaikan Antonius Tumanggor asal poltisi Partai Nasdem itu, masyarakat harus berperan aktif mendukung upaya Walikota Medan Bobby Afif Nasution meningkatkan kebersihan di kota Medan. “Tentu hal itu sebagai wujud keinginan seluruh maayarakat Medan. Harus kita atasi bersama menuju kota Medan bersih dan masyarakatnya sehat dan sejahterah,” unar Antonius.

Selain keluhan masalah sampah, Antonius Tumanggor juga mendapat keluhan terkait pengadaan air bersih di daerah pinggiran rel. Warga di daerah tersebut kesulitan mendapat air minum dan hingga saat ini belum ada saluran PDAM Tirtanadi maupun sumur bor.

Keluhan warga yang lain juga disampaikan terkait parit di Jl Sempurna yang terlalu kecil sehingga tidak mampu menampung debit air. Untuk itu, warga Cinta Damai Medan Helvetia memohon agar parit di Jalan Sempurna dilebarkan karena yang sekarang ini sempit dan dangkal.

Sebelumnya Jasinar Simamora juga mengeluhkan Jalan Jawa karena parit yang tidak pernah tersentuh padahal daerah sekitarnya sudah dinormalisasi Dinas PU Medan. “Kami juga bertanya apakah Jalan Jawa itu masuk wilayah Medan apa tidak,” sebut warga dengan kesal karena tidak pernah ada perhatian pemerintah.

Menurut warga, selain kondisi parit yang sempit sangat dangkal, Jalan Jawa selalu banjir. Selain Jalan Jawa, Jalan Budi Luhur Kelurahan Dwikora juga sudah lama tidak pernah tersentuh pembangunan. Seperti drainase yang juga menyebabkan jika turun hujan maka banjir tidak akan terelakkan.

Maka itu, salah satu warga Mario minta agar pemko Medan melalui Dinas PU Medan memperbaiki drainase di Jalan Jawa dan kepada Dinas Pertamanan agar Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) ditambahi dan dipasang lampu.

Menyikapi keluhan warga terkait krisis air bersih di daerah pinggiran rel, Antonius mengaku prihatin. Antonius berjanji akan membahas nya dengan pihak terkait.

Sedangkan menyikapi keluhan Mario bahwa Jalan Jawa tidak masuk peta kota Medan, membuat Antonius Tumanggor beserta seluruh tamu undangan yang hadir ditempat itupun tertawa. Meskipun begitu, Antonius Tumanggor meminta kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan agar segera memperbaiki LPJU di sepanjang Jalan Jawa yang memiliki Panjang 1,5 km tersebut.

Selanjutnya Antonius Tumanggor juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat baik perwakilan dari Kecamatan Medan Barat, Perwakilan dari Kecamatan Medan Helvetia dan Perwakilan dari Medan karena telah mempercayakan dirinya duduk sebagai perwakilan dari Dapil III di DPRD Kota Medan.

“Saya pastikan, ketika saya masih duduk di DPRD Kota Medan, saya akan serius dan fokus meneruskan aspirasi Bapak dan Ibu sekalian. Itulah kenapa saya ada di sini, karena saya ada untuk anda,” terang wakil rakyat yang saat ini duduk di komisi IV DPRD Kota Medan tersebut.

Antonius juga menambahkan, semua yang menjadi keluhan pada pelaksanaan Reses II tahun 2021 tersebut akan dimasukkan ke dalam e-Pokir untuk Tahun Anggaran 2022. Karena, tambahnya, sejak dirinya menjadi anggota DPRD Kota Medan, sudah banyak aspirasi warga baik di Kecamatan Medan Barat dan Kecamatan Medan Helvetia yang sudah diselesaikan baik mengenai drainase, Jalan, pohon dan lain sebagainya.

” Karena saya sebagai putra daerah, terutama di Kelurahan Karya Sei Agul, sangat mengetahui betul apa kekurangan dan keinginan masyarakat. Untuk itu, saya juga meminta agar di doakan oleh seluruh konstituen saya, agar tetap dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa, dan terus dapat membantu warga dan meneruskan aspirasi sehingga pembangunan dapat berjalan dan dirasakan oleh warga masyarakat khususnya di Dapil I Kota Medan yang meliputi Kecamatan Medan Barat, Helvetia, Petisah dan Medan Baru,” terang Antonius yang disambut aplaus dari seluruh warga dan para OPD terkait yang hadir.

Pada pelaksanaan DPRD Kota Medan, Antonius D Tumanggor tersebut turut hadir perwakilan dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, Hendra Sanjaya SE, Anita Aruan ST dari Dinas Kesehatan kota Medan, Budiono SH dari Dinas Sosial Kota Medan, Endi Sinaga, dan Ahmad Fauji dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan, Wawan Setiawan dari Dinas PU Medan, H.L Tobing SH dari pihak Kelurahan Sei Agul, Fernando dari Kecamatan Medan Barat. (lamru)