Connect with us

Lifestyle

4 Tips Mengajari Anak untuk Menabung Sejak Dini 

Published

on

Geosiar.com – Bagi sebagian orang, menabung bukanlah menjadi hal yang mudah untuk dilakukan. Terlebih jika yang melakukannya adalah anak-anak. Padahal, sebaiknya anak harus diajarkan untuk menabung sejak kecil.

Efeknya memang tidak bisa dirasakan saat ini, namun tentu akan berdampak besar bagi masa depan sang anak. Nah, untuk mengajari anak menabung sejak dini, ikuti beberapa tips berikut ini. Dijamin anak akan ketagihan untuk menabung.

  1. 1.Kenalkan konsep uang pada anak

Anda bisa mulai dengan memperkenalkan pecahan uang, baik dari yang terkecil hingga yang paling besar. Sembari anak belajar memahami pecahan uang tersebut, maka Anda bisa memberikan pemahaman mengenai hitungan dasar kepada anak.

  1. 2. Gunakan celengan lucu sebagai tempat tabungan untuk menambah minatnya

Untuk menambah minat anak menabung, maka Anda bisa mencoba menggunakan celengan lucu sebagai tempat tabungan anak. Atau, Anda juga bisa membuatnya dengan anak sehingga dia akan semakin semangat untuk menabung.

  1. 3. Ajarkan anak untuk menyisihkan uang receh

Beritahu anak akan pepatah yang mengatakan bahwa sedikit-sedikit maka lama-lama akan menjadi bukit. Pepatah ini tentu akan membuat anak merasa sia-sia jika tidak menyisihkan sebagian uang receh yang dimiliki untuk ditabungkan.

  1. 4. Coba ajak anak untuk bekerja dan mengumpulkan uang yang akan ditabungkan

Terakhir, Anda bisa menciptakan situasi di mana anak bisa mendapatkan uang sebagai imbalannya. Misalnya saja dengan meminta anak untuk melakukan sesuatu, lalu Anda bisa memberikannya beberapa rupiah sebagai imbalannya.

Itulah beberapa tips menabung untuk anak yang bisa Anda coba di rumah. Semoga bermanfaat untuk Anda.(sc/red)