Connect with us

Lifestyle

7 Tips Lawan Rasa Malas Agar Segera Kembali Produktif

Published

on

Ilustrasi : Malas (Foto/dok)

Geosiar.com – Rasa malas sebenarnya wajar terjadi. Semua orang pasti pernah mengalami berada di fase malas ini. Karena rasa malas tugas-tugas yang kita miliki bisa jadi menumpuk dan tidak segera selesai. Perasaan malas memang wajar untuk dialami, namun menjadi tidak wajar jika perasaan tersebut terlalu lama dan sering dirasakan.

Banyak dampak buruk yang menanti. Pastinya kita akan menanggung banyak kerugian bila terlalu sering merasa malas. Kita perlu mencari cara untuk mengatasi rasa malas itu agar tidak terlalu berlarut-larut. Sebenarnya rasa malas ini kerap terjadi ketika kita menganggap suatu tugas, atau pekerjaan itu kurang berguna, membuang waktu, dan terlalu meremehkannya. Ketika merasa malas akhirnya berakhir dengan tertundanya pekerjaan kita.

Untuk melawan rasa malas, maka kita perlu mengenali penyebabnya. Rasa malas ini dapat muncul karena kurangnya motivasi dan bisa juga karena adanya perasaan cemas. Untuk melawan rasa malas yang sedang dialami, mungkin kamu bisa mencoba beberapa tips ini:

  1. Buat Tujuan yang Jelas dan Realistis

Penting untuk membuat tujuan yang jelas dari suatu pekerjaan kita. Meskipun ini terlihat sudah umum, namun merupakan hal yang perlu ditetapkan. Buat tujuan sejelas mungkin sesuai kebutuhan kamu dan juga realistis. Kamu harus menetapkan tujuan yang dapat kamu capai.

  1. Identifikasi Nilai Personal

Kamu perlu mengidentifikasi nilai-nilai personal yang kamu miliki. Tetapkan cara dan usaha yang mungkin untuk kamu lakukan dengan nilai personal yang kamu miliki.

  1. Bertanya Secara Reflektif

Bertanya ke dalam diri kamu tentang alasan kamu harus berhenti malas dan mulai mengerjakan tugas-tugas yang kamu miliki. Ketahui manfaat dari pekerjaan kamu, nilai dari tugas yang perlu kamu kerjakan, dan hasil yang akan di dapat apa saja. Bertanya pada diri sendiri apa yang bisa membuat diri kita bahagia. Apa saja yang ingin kita capai? Apa saja yang ingin kita lakukan dalam hidup?

  1. Membuat Skala Prioritas

Kamu perlu menetapkan skala prioritas dari semua kegiatan-kegiatan yang harus kamu kerjakan. Pilah pekerjaan kamu berdasarkan tingkatnya, dahulukan pekerjaan yang penting dan mendesak.

  1. Meningkatkan Motivasi

Kita tahu adanya rasa malas salah satunya disebabkan karena kurangnya motivasi. Jika motivasi kamu sedang menurun kamu bisa meningkatkannya kembali dengan cara-cara yang bisa kamu lakukan.

Setiap orang pastinya memiliki caranya sendiri untuk mengembalikan dan meningkatkan motivasinya sehingga perasaan untuk mengerjakan suatu pekerjaan menjadi lebih baik dan rasa semangat akan muncul. Kita juga bisa meningkatkan motivasi kita dengan menerapkan self reward ketika berhasil melakukan sesuatu.

  1. Menjaga Kesehatan

Perbaiki pola hidup kita dengan makan secara teratur, memperhatikan kebutuhan nutrisi tubuh, berolahraga, dan menjaga pola tidur. Menjaga kesehatan sangat penting pengaruhnya untuk bisa terus produktif. Ketika kita sakit maka akan mengurangi peforma dalam bekerja.

Tidak hanya kesehatan fisik, namun juga kesehatan mental harus kita jaga juga. Ketika fisik dan mental kita sehat, maka energi dari tubuh dan kualitas kinerja berfikir kita bisa bekerja secara optimal. Dengan menerapkan pola hidup yang baik, maka energi, mood, dan fokus kita akan terjaga.

  1. Variasikan Rutinitas

Membuat rutinitas yang bervariasi agar tidak merasa jenuh. Variasi rutinitas seperti mencari hal-hal baru untuk aktivitas setiap hari. Kamu bisa memulai hari kamu dengan berolahraga di pagi hari, mencari suasana baru, dan meluangkan waktu untuk diri sendiri.

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu coba. Rasa malas wajar kok terjadi pada diri kamu, yang tidak wajar itu ketika rasa malas berlangsung lama dan sangat sering. Rasa malas yang berlarut-larut pastinya tidak baik bagi perkembangan diri kamu dan akan membawa kerugian jika tidak segera diatasi.(sc/red)