Connect with us

Lifestyle

Meski Sulit, Ini 4 Tips Mudah untuk Berhenti Merokok

Published

on

Ilustrasi : Ayo tolak rokok. (Foto/dok internet)

Geosiar.com – Merokok berbahaya bagi kesehatan. Iklan antirokok pertama kali dimulai pada akhir 1960-an dan telah menjadi kampanye global yang signifikan sejak saat itu. Apakah itu film atau iklan, adegan merokok selalu disertai dengan peringatan menurut undang-undang bahwa hal itu bersifat kanker.

Ada banyak risiko kesehatan yang terlibat akibat merokok dan itu telah dibuktikan berkali-kali. Merokok banyak dilakukan untuk mengatasi kecemasan, stres, kebosanan, bahkan depresi. Menghentikan kebiasaan sehari-hari itu sulit, tetapi menghentikan kecanduan itu menantang. Penarikan tiba-tiba menyebabkan keinginan, kelemahan, perubahan suasana hati, berkeringat, dan lain-lain.

Pertarungan melawan merokok dimenangkan ketika Anda memutuskan untuk berhenti dan menjalankan rutinitas maupun kebiasaan Anda. Simak tips mudah berikut ini untuk berhenti merokok.

  1. Libatkan keluarga dan teman Anda

Cara terbaik untuk memulai perjalanan ini adalah dengan teman akrab, keluarga, kolega, dan lain-lain. Sering kali, hal ini disebabkan oleh lingkungan sosial yang memengaruhi Anda untuk merokok. Penting untuk membahas kebiasaan dan rutinitas sehari-hari, tetapi yang lebih penting, Anda harus membuat pernyataan agar dapat mendukung Anda melalui perjalanan ini.

Pertama, teman Anda yang merokok tidak akan menawarkan atau mengajak untuk merokok. Kedua, anggota keluarga akan menghentikan Anda dari merokok atau mengalihkan perhatian Anda dari keinginan untuk merokok. Perjalanannya menantang. Namun, dukungan dan dorongan terus-menerus dari orang-orang di sekitar Anda akan membuat semua perbedaan.

  1. Perubahan pola makan

Setiap sindrom penarikan kecanduan memiliki hubungan tidak langsung dengan diet Anda. Sama halnya dengan merokok. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kebanyakan orang suka merokok setelah makan banyak daging. Di sisi lain, makanan seperti sayur, buah, dan keju tak membuat Anda mendambakan rokok.

Studi lain mengungkapkan bahwa merokok setelah makan meningkatkan risiko kanker paru-paru dan usus besar. Selain itu, mengatur konsumsi minuman bersoda, alkohol, dan minuman kaya kafein seperti kopi atau teh. Minuman ini meningkatkan rasa merokok. Oleh karena itu, pilihlah jus atau air segar saat Anda pergi ke klub atau bertemu teman untuk makan.

Kebiasaan lain yang harus diterapkan harus segera dilakukan setelah makan. Anda bisa duduk dengan keluarga Anda untuk berbicara atau mencuci piring. Apa pun untuk mengalihkan perhatian Anda dari keinginan untuk merokok setelah makan.

  1. Terapi

Ada sejumlah hal yang dapat Anda andalkan untuk mengalihkan dan menyembuhkan diri sendiri. Manjakan diri Anda dengan terapi seperti akupunktur yang dikenal dapat melepaskan endorfin yang membuat tubuh rileks. Ini akan membantu dalam mengendalikan gejala penarikan.

Tips bagus lainnya adalah terapi perilaku, yang membantu seseorang mengadopsi gaya hidup baru dan mempelajari kebiasaan dan keterampilan baru. Kebiasaan baik datang dari penerapan gaya hidup dan ritual sehat setiap hari.

Hipnosis adalah cara hebat lainnya untuk membuat Anda rileks dan bertekad untuk berhenti merokok. Berkonsultasilah dengan ahli hipnotis yang berpengalaman dalam kasus serupa seperti Anda.

  1. Buat daftar alasan untuk berhenti

Harapan hidup dari perokok adalah sepuluh tahun lebih pendek dibandingkan non-perokok. Jadi, motivasikan diri untuk tetap ditentukan dengan membuat daftar alasan yang akan membuat Anda berhenti merokok, apakah itu memulai sebuah keluarga, menjadi atlet, atau keduanya. Buat daftar sebagai pengingat untuk melanjutkan.

Secara keseluruhan, tips di atas akan membantu Anda berhenti merokok untuk selamanya. Ingatlah untuk tetap positif sepanjang waktu.(sc/red)