Connect with us

Nasional

SBY: Kita Harus Kontemplasi, Barangkali Keserakahan Kita Buat Ekosistem Berubah

Published

on

Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. (Foto/dok)

Jakarta,Geosiar.com, – Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan pesan-pesan saat menghadiri perayaan Imlek 2572 Kongzili Tingkat Nasional yang digelar secara virtual oleh Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin), Ahad, 14 Februari 2021.

Dalam perayaan Imlek di tengah pandemi Covid-19 ini, Yudhoyono mengajak masyarakat merenungi kondisi krisis kesehatan dan krisis ekonomi yang terjadi.

“Ketika dunia dan negara kita tengah menghadapi pandemi dan krisis ekonomi yang besar saat ini, sepatutnya kita semua melakukan kontemplasi atas apa yang kita lakukan sebagai manusia,” ujarnya seperti disiarkan di kanal YouTube Matakin Pusat, Ahad, 14 Februari 2021.

Berbagai bencana yang terjadi di Indonesia belakangan ini, kata Yudhoyono, barangkali merupakan dampak dari keserakahan manusia yang mengeksploitasi sumber daya alam.

“Barangkali karena kesalahan dan keserakahan kita dalam menjaga dan menggunakan sumber-sumber kehidupan selama ini membuat ekosistem dan tatanan kehidupan berubah. Akibatnya kita menghadapi bencana alam, bencana kesehatan dan bencana kehidupan secara bersamaan,” katanya.

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat ini kemudian mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bertobat dan melestarikan alam.

“Sebelum terlambat, kita mesti bertobat dan memohon maaf kepada sang pencipta, tidak mengulangi kesalahan kita dan ke depan sungguh merawat dan melestarikan bumi kita dan sumber-sumber kehidupan yang dikandungnya,” tutur SBY.(tmp/red)