Connect with us

Daerah

Bupati Karo Berjanji Segera Tertibkan Puluhan Bangunan Perumahan Dikawasan Zia Coffe Siosar

Published

on

saat tim melakukan konfirmasi kepada Bupati karo Terkelin Brahmana SH dan juga terlihat Bupati Karo Terpilih (duduk berbaju coklat)

Tanahkaro – Geosiar – Terkait pemberitaan sebelumnya pembangunan puluhan bangunan perumahan yang terdiri dari bangunan Rumah toko (Ruko), Villa dan Caffe dikawasan Zia Coffe terketahui tidak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB) dari pihak Pemerintahan Daerah Kabupaten Karo.

Selain diketahui tidak memiliki IMB, ternyata Puluhan bangunan di Perumahan kawasan Zia Coffe Siosar tersebut juga tidak memiliki izin Lingkungan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karo sesuai pengakuan Kepala Dinas Lingkungan Hidup.

Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karo saat dikonfirmasi geosiar menyatakan “hingga saat ini tidak pernah memberikan Rekomendasi ataupun mengeluarkan Izin Lingkungan untuk pembangunan perumahan, Villa ataupun Rumah toko di kawasan Zia Coffe tersebut, ujar Kepala dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karo, Radius Tarigan, Rabu (3/2).

Selanjutnya saat Bupati karo dipertanyakan oleh awak media di rumah pendopo terkait pembangunan puluhan bangunan perumahan di Zia Coffe diketahui tidak memiliki IMB dan tidak mengantongi izin Lingkungan.

Bupati Karo menegaskan dengan menyatakan “bila benar puluhan bangunan perumahan dikawasan Zia Coffe Siosar tidak memiliki IMB dan Izin Lingkungan dari Dinas Lingkungan Hidup maka Pemda karo akan segera melakukan penindakan sesuai dengan mekanisme hukum yang berlaku, kamis (4/2).

Lanjutnya, Bupati karo memanggil Kepala satuan polisi pamong praja (Kasatpol PP) Karo dan memerintahkan agar segera membuat surat nota dinas untuk mengundang Camat dan Kepala Desa beserta Dinas terkait agar diketahui hal hal apa saja yang dilanggar oleh pemilik bangunan dikawasan perumahan Zia Coffe, Siosar.

Terkelin Brahmana SH juga mengintruksikan kepada Kasat Pol PP agar langsung meninjau dan membentuk tim satuan khusus untuk melakukan penyelidikan hingga penindakan dan penertiban sesuai peraturan.

ini harus segera kita lakukan secara serius sebelum timbul persoalan persoalan lainya, disamping persoalan menghindari membayar pajak, persoalan itu juga berpotensi dapat menyebabkan pencemaran lingkungan ataupun tanah Longsor, ucap Terkelin mengakhiri pembicaraan./joyginting – tim.