Connect with us

Nasional

KPK Reka Ulang Suap Bansos Covid-19, Muncul Nama Politikus PDIP Ihsan Yunus

Published

on

Jakarta ,Geosiar.com,- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melaksanakan rekonstruksi dalam kasus suap pengadaan bantuan sosial atau Bansos Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek 2020, Senin, 1 Februari 2021, di Gedung KPK Lama, Jakarta Selatan. Dalam rekonstruksi ini, muncul nama Anggota Komisi 2 DPR dari PDIP, Ihsan Yunus.

Dari pantauan Tempo, nampak sejumlah tersangka kasus ini hadir dengan diantarkan mobil. Mereka yang terpantau hadir adalah dua Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di Kemensos yaitu Matheus Joko Santoso (MJS) dan Adi Wahyono (AW), serta Harry Van Sidabukke (HS) dari swasta. Eks Menteri Sosial Juliari Batubara tak hadir dalam rekonstruksi hari ini.

Dalam adegan pertama rekonstruksi, nampak petugas KPK membuat pengaturan ruangan pertemuan. Tertulis bahwa rekonstruksi itu mereka ulang kejadian pada Februari 2020 di ruangan Syafii Nasution. Syafii Nasution adalah Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kementerian Sosial.

Dalam rekonstruksi tersebut, nampak Adi Wahyono dengan rompi tahanannya hadir. Ia berdiri sementara dua orang lain duduk dan memeragakan tengah berbicara satu sama lain. Tag nama yang tertempel pada kedua orang tersebut tertulis Ihsan Yunus dan Syafii Nasution.

Baik Ihsan maupun Syafii sebenarnya sempat dipanggil KPK sebagai saksi dalam kasus ini. Namun, keduanya mangkir dari panggilan KPK.

Kemudian, adegan reka ulang suap Bansos Covid-19 ini berpindah lokasi ke Ruang Subdit Logistik Kemensos. Dalam pertemuan itu, ada Deny Sutarman yang duduk bersama dengan Matheus Djoko. Di samping Sutarman ada Agustri Yogasmara. Senior Assistance Vice President Bank Muamalat Indonesia, Agustri Yogasmara.(tmp/red)