Connect with us

Nasional

Sri Mulyani Ungkap Pesan WHO: Masalah Vaksinasi Bisa Menjadi Krisis Moral Dunia

Published

on

Jakarta, Geosiar.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengingatkan pernyataan dari Pimpinan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO bahwa masalah vaksinasi Covid-19 bisa menjadi krisis moral dunia.

“Pimpinan WHO menyampaikan masalah vaksin bisa menjadi persoalan di mana negara miskin ini tidak akan bisa mendapatkan. Mereka menyampaikan dengan kata yang cukup tajam bahwa vaksinasi itu bisa menjadi krisis moral dunia,” ujar Sri Mulyani dalam rapat bersama Dewan Perwakilan Daerah, Selasa, 19 Januari 2021.

Berkebalikan dengan sulitnya negara miskin mendapat pasokan vaksin Covid-19, Sri Mulyani mengatakan negara kaya justru bisa memvaksinasi siapa saja, mulai dari penduduk berusia lanjut hingga penduduk berusia muda.

“Padahal dalam vaksinasi global harus ada prioritas. Sementara, negara-negara miskin d tidak mendapatkan alokasinya. Ini yang menyebabkan estimasi mengenai vaksinasi terus bergerak,” tuturnya.

Ia mengatakan saat ini anggaran penyediaan vaksin untuk Indonesia terus bergerak. Namun, ia mengatakan pada 2020 kebutuhan untuk vaksinasi adalah untuk pengadaan. Sementara pada 2021 dibutuhkan untuk pengadaan dan program vaksinasinya. (tmp/red)