Connect with us

Dunia

10 Bayi Tewas Dalam Kebakaran Besar di RS India 

Published

on

Ilustrasi : (foto/dok)

Geosiar.com, – Sepuluh bayi meninggal dunia dalam bencana kebakaran di Rumah Sakit Bhandara, Maharashtra, India. Menurut keterangan dari pejabat rumah sakit terkait, kesepuluh korban tersebut berasal dari total 17 bayi yang dilahirkan di hari terjadinya kebakaran.

“Ketujuh bayi lainnya berhasil diselamatkan dari ruang perawatan,” ujar juru bicara Rumah Sakit Bhandara, Pramod Khandate, dikutip dari kantor berita Reuters, Sabtu, 9 Januari 2021

Kronologi kebakaran bermula pada Sabtu dini hari tadi. Seorang perawat yang tengah bertugas jaga mendapati asap mengepul dari ruangan Neonatal di mana bayi-bayi yang baru saja dilahirkan dirawat. Ketika dicek, ternyata api sudah berkobar di sana.

Staf terkait kemudian meminta bantuan staf lainnya untuk memadamkan kebakaran yang terjadi. Namun, suplai oksigen yang konsisten di sana membuat kebakaran terus membesar dan asap tebal menyulitkan mereka untuk menyelamatkan bayi-bayi yang dirawat di sana.

Pada akhirnya, hanya tujuh bayi yang berhasil diselamatkan ketika api padam jam 2 pagi waktu setempat. Khandate berkata, mereka tengah dirawat di ruang perawatan lainnya untuk memastikan ketujuhnya bertahan hidup. Ia menambahkan, pasien-pasien yang dirawat di dekat lokasi kebakaran juga telah dipindahkan ke ruangan lain.

Hingga berita ini ditulis, apa penyebab kebakaran belum diketahui. Proses investigasi, kata Khandate, sedang berjalan. Dugaan sementara, kebakaran disebabkan oleh gangguan listrik.

Secara terpisah, berbagai politisi India mengucapkan duka kepada keluarga korban atas bencana yang terjadi. Para politisi tersebut menjanjikan bantuan dan investigasi penyebab kebakaran hingga tuntas. Salah satu yang berduka adalah PM India Narendra Modi.

“Bencana yang menyayat hati di Bhandara, Maharashtra, di mana kita kehilangan nyawa-nyawa yang sungguh berharga. Duka saya menyertai keluarga korban. Saya juga berharap mereka yang berhasil diselamatkan untuk segera pulih,” ujar Modi.

Kepala Kongres India Rahul Gandhi ikut mengucapkan duka. Ia memerintakan Pemerintah Negara Bagian Maharashtra untuk memberikan segala bantuan yang diperlukan keluarga korban.

“Sungguh bencana yang tragis di Rumah Sakit Distrik Bhandara. Saya berduka atas apa yang terjadi. Semoga keluarga korban diberi ketabahan dan saya meminta pemerintah setempat untuk memberi bantuan kepada keluarga korban,” ujarnya. (tmp/red)