Connect with us

Dunia

Italia Memulai Suntik Vaksin Virus Corona

Published

on

Geosiar.com, Jakarta – Italia memulai imunisasi vaksin virus corona setelah 10 bulan pasien pertama positif Covid-19 terinfeksi di negara itu. Proses penyuntikan dimulai pada Minggu, 27 Desember 2020, yang dilakukan pada kelompok yang masuk daftar prioritas.

Penyuntikan pertama dilakukan pada tenaga medis di rumah sakit Rome Spallanzani pada Minggu, 27 Desember 2020 sebelum pukul 7 pagi. Vaksin yang disuntikkan dikembangkan oleh Pfizer dan BioNTech.

“Proses imunisasi berjalan lancar dan kami sangat bersemangat. Ini momen bersejarah. Ini awal untuk sebuah akhir (wabah virus corona) dan saya berharap masuk daftar prioritas dari 60 juta jiwa warga Italia yang mendapat suntik virus corona,” kata Claudia Alivernini, perawat, 29 tahun.

Polisi berpatroli di sebuah jalan di tengah lonjakan infeksi coronavirus baru di Milan, Italia, pada 22 Oktober 2020. Jam malam diberlakukan terhadap lebih dari 21,7 juta warga Italia, yang mencakup sepertiga dari populasi negara itu, di tengah lonjakan infeksi coronavirus baru yang pada Kamis (22/10) mencapai 13.860, kata para pejabat. (Xinhua/Daniele Mascolo)

Kasus virus corona di Italia sampai Kamis, 24 Desember 2020 sudah melampaui 2 juta kasus atau terbanyak kedelapan di dunia. Sedangkan pasien yang meninggal karena Covid-19 sebanyak 70.909 orang. Jumlah itu tertinggi di Eropa dan terbanyak kelima di dunia.

Vaksin virus corona diberikan secara gratis oleh Pemerintah Italia. Tenaga kesehatan dan lansia akan menjadi kelompok orang pertama yang mendapat imunisasi vaksin virus corona.

Sebelumnya, Hungaria dan Slovakia sudah memulai proses vaksinasi virus corona pada Sabtu, 26 Desember 2020. Disusul oleh sebagian besar negara-negara di benua Eropa pada Minggu, 27 Desember 2020, yang mulai melakukan penyuntikan menyusul jumlah kasus positif Covid-19 yang terus naik di benua itu.

Kementerian Kesehatan Italia mengatakan ada sekitar 9.750 dosis vaksin virus corona yang sudah tiba di Italia. Menyusul kemudian sebanyak 470.000 dosis vaksin, yang diperkirakan sampai di Italia pekan depan.

“Hari ini adalah hari simbolik, yang memberikan gagasan keindahan Eropa yang membagikan vaksin kepada semua orang dan mendistribusikannya,” kata Domenico Arcuri, Komisi Epidemologi Italia. (tmp/red)