Connect with us

Lifestyle

Bolehkah Minum Kopi Sebelum Olahraga?

Published

on

Ilustrasi : minum kopi. (dok)

Geosiar.com – Olahraga dan minum kopi menjadi dua rutinitas umum yang banyak dilakukan orang di pagi hari. Pertanyaannya kini, bolehkah mengonsumsi kopi sebelum berolahraga?

Mengutip Metro, dalam sebuah penelitian ditemukan orang yang minum kopi sebelum berolahraga, mendapatkan hasil lebih baik daripada mereka yang tidak mengonsumsi kopi.

Fakta ini ditemukan setelah peneliti mengamati 46 pengendara sepeda amatir yang kerap berolahraga satu hingga tiga kali seminggu selama satu tahun.

Para pesepeda ini diminta untuk mengisi kuesioner tentang seberapa banyak kopi yang biasa mereka konsumsi sebelum berolahraga.

Hasilnya dibagi menjadi dua kelompok, kelompok rendah terdiri dari mereka yang biasa mengonsumsi 1 hingga 2 cangkir kopi sehari, dan kelompok tinggi, orang yang minum kopi 4 hingga 5 cangkir kopi sehari.

Para pesepeda ini kemudian diberikan secangkir kopi Nescafe, yang mengandung 3 miligram per kilogram kafein, dan pesepeda lainnya diberi pil plasebo.

Satu jam kemudian setelah bersepeda, mereka yang minum kopi berhasil menyelesaikan 5 kilometer bersepeda dengan sepeda mesin di gym. Mereka mengalami peningkatan energi rata-rata 1,7 persen, terlepas dari berapa banyak kopi yang sudah diminum.

Penelitian ini menunjukkan jika kopi bisa meningkatkan ketahanan fisik dan mampu menekan rasa sakit, mengurangi kelelahan, dan meningkatkan kinerja seseorang.

“Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki efek dari kebiasaan mengonsumsi kafein pada kegiatan lima kilometer bersepeda ,” ungkap peneliti Dr. Neil Clark Universitas Coventry.