Connect with us

Lifestyle

8 Alasan Kenapa Harus Tersenyum Setiap Hari

Published

on

Ilustrasi tersenyum. (dok)

Geosiar.com – Tersenyum adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Tapi siapa sangka, aktivitas menarik ujung bibir ini ternyata punya manfaat yang luar biasa, bahkan beberapa di antaranya tak akan kamu sangka. Tersenyum tidak hanya membuat bahagia diri sendiri, tapi juga orang-orang di sekitarmu. Bahkan disebutkan dalam sebuah penelitian, tersenyum dapat meningkatkan suasana hati kamu dan orang-orang di sekitar.

Lalu, apa saja manfaat lain dari tersenyum yang luar biasa itu? Dilansir dari Verywellmind, inilah 8 manfaat tersenyum yang bisa jadi alasan kenapa kamu harus melakukannya setiap hari.

  1. Tersenyum akan membuat kamu menarik
    Orang akan lebih menyukai dan tertarik kepada orang yang sering tersenyum. Ekspresi wajah marah atau kesal hanya akan membuat orang memadang negatif kepadamu.
  2. Tersenyum dapat menghilangkan stres
    Seseorang yang mengalami stres terkadang tidak memiliki keinginan untuk tersenyum. beban pikiran di otak kerap membuat wajah orang yang stres terlihat lelah dan lesu.

Meski kamu sedang merasa stres, cobalah untuk tersenyum, karena tersenyum dapat memberikan energi positif sehingga membuat suasana hati menjadi baik.

  1. Tersenyum itu menular
    Tersenyum bagai magnet. Sering kali ketika melihat orang lain tersenyum, kita juga akan ikut tersenyum. Misalnya saat teman sedang sedih, cobalah menghiburnya dengan memberikan senyuman. Hal itu dapat membuatnya melakukan hal yang sama.

Senyum yang menular dapat terjadi karena di dalam otak manusia terdapat bagian yang bertanggung jawab untuk mengontrol ekspresi wajah yang merespons otomatis secara tidak disadari.

  1. Tersenyum dapat meningkatkan daya tahan tubuh
    Tersenyum dikatakan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena saat tersenyum, tubuh menjadi lebih rileks berkat pelepasan neurotransmiter tertentu.
  2. Tersenyum dapat menurunkan tekanan darah
    Orang yang mudah marah biasanya tekanan darahnya akan meningkat. Hal itu membuatnya berisiko terkena berbagai penyakit. Sebaliknya, orang yang sering tersenyum akan lebih rileks, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.
  3. Tersenyum membuatmu terlihat lebih muda
    Selain terlihat menarik, tersenyum dapat membuat seseorang terlihat lebih muda. Dengan tersenyum, otot-otot pada wajah akan tertarik dan membuatmu tampak lebih muda.
  4. Tersenyum dapat membuka jalan menuju sukses
    Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tersenyum terlihat lebih percaya diri dan memiliki kemungkinan lebih untuk dipromosikan. Orang yang sering tersenyum akan terlihat lebih menjanjikan. Itulah mengapa tersenyum membuat seseorang terlihat sukses.
  5. Tersenyum akan membuat kamu selalu berpikir positif
    Walaupun kondisi seseorang sedang sedih, mencoba tersenyum akan menimbulkan pikiran-pikiran positif pada otak. Hal itu sangat berguna agar otak terhindar dari stres, depresi, dan pikiran negatif lainnya.(sc/red)