Connect with us

Olahraga

Indonesia Dapat Hibahan Jatah ke Liga Champions Asia?

Published

on



Jakarta, Geosiar.com – Klub Korea Utara tak ada yang lolos verifikasi profesional AFC. Otomatis jatah mereka di Liga Champions Asia (LCA) hangus. Dihibahkan ke Indonesia?
Seharusnya klub Korea Utara yakni April 25 SC bakal tampil di LCA 2021. Ranking kompetisi Korea Utara melesat ke peringkat ke-14 di Asia dan ke-7 di Zona Timur.

Asosiasi berhak mengirim wakil ke LCA jika kompetisi domestik mereka minimal berada di 12 besar Zona Barat/Zona Timur. Sehingga hal itu sudah cukup buat Korea Utara untuk mengirim wakil di LCA.

Adapun syarat klub untuk tampil di kompetisi antar-klub Asia (LCA dan Piala AFC) adalah memegang lisensi profesional yang disahkan AFC. Nah tak ada satu pun klub dari Korea Utara yang lolos lisensi AFC.

“Diketahui bahwa (klub) Korea Utara belum mengirim dokumen-dokumen persyaratan untuk mendapatkan lisensi dari AFC,” tulis laporan media Korea Selatan, Yonhap.


Hal ini kemudian memunculkan spekulasi tentang kemana tiket LCA klub Korea Utara akan dihibahkan. Pecinta sepakbola Indonesia ikut berharap mendapat durian runtuh.

Sebagaimana diketahui, Indonesia sudah tak mendapat jatah tampil di LCA 2021, meski cuma sebatas kualifikasi sekalipun. Ranking kompetisi Indonesia (Shopee Liga 1) terlempar dari 12 besar dan kini cuma menempati peringkat 13 Zona Timur.

Namun, harapan Indonesia kemungkinan tak akan terwujud. Yang sudah-sudah, tiket hibah LCA tetap akan diberikan ke asosiasi yang berada di 12 besar. Bukan buat Indonesia yang cuma berada di peringkat 13 Zona Timur.

Yonhap memprediksi jatah tiket LCA Korea Utara akan dihibahkan buat Hong Kong yang menempati rangking 11 Zona Timur. Jadi Hong Kong berpeluang mengirim dua wakil di LCA 2021 dari jatah sebelumnya yang cuma berhak mengirim satu klub saja.

“Pemain Korea Utara faktanya merupakan karyawan pemerintahan sehingga mereka tak bisa menyerahkan bukti kontrak resmi (dari klub) untuk mendapatkan lisensi AFC. Karena hal ini, mereka tak bisa bertanding di Piala AFC dan LCA tahun depan,” begitu keterangan seorang sumber kepada Yonhap.

“Jika Korea Utara tak bisa ambil bagian, kemungkinan jatah mereka akan diberikan ke Hong Kong yang berada di peringkat ke-11 Zona Timur,” tulis Yonhap.(dtk/red)